Ekspor Sulsel

Andi Sudirman Sulaiman Lepas Ekspor Komoditi Andalan Sulsel Senilai Rp 66 Miliar ke 10 Negara

Ekspor ini merupakan langkah awal Disdag Sulsel dalam memanfaatkan kekayaan SDA Sulsel.

Penulis: Faqih Imtiyaaz | Editor: Hasriyani Latif
TRIBUN-TIMUR.COM/WAHYUDIN TAMRIN
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman melepas produk Ekspor Sulsel senilai Rp 66,43 miliar di depan Rujab Gubernur Sulsel, Minggu (16/10/2022). Ekspor ini merupakan langkah awal Disdag Sulsel dalam memanfaatkan kekayaan SDA Sulsel. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman melepas secara resmi ekspor produk andalan Sulsel di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Jl Jenderal Sudirman, Kota Makassar, Minggu (16/10/2022).

Kepala Dinas Perdagangan Sulsel Ashari Fakhsirie Radjamilo mengatakan ekspor ini ditujukan ke 10 negara berbeda.

Mulai Tiongkok, Singapura, Amerika, Arab Saudi, Jepang, Thailand, Australia, Rusia, Malaysia, hingga Jerman.

Ia menyebut persiapan ekspor ini hanya dilakukan dalam tiga hari.

"Kami dari Disdag Sulsel mengambil bagian dari Hari Jadi Sulsel ke-353 tahun. Caranya kami memperingati hari jadi dengan melakukan ekpor. Ini tiba-tiba walaupun ini berjalan sebagaimana mestinya, tapi kami kemas dalam tiga hari," ujar Ashari Fakhrisie.

"Kami bekerjasama dengan PT Mandiri, balai karantina ikan, balai karantina pertanian, bersama dengan para teman-teman dari Bea Cukai, Pelindo, Peti Kemas termasuk juga yang kami undang untuk melakukan ini," sambungnya.

Komoditi yang dikirim yakni kemiri, mente kupas, cacao, mente kupas, udang tempura, ikan segar, hingga tepung rumput laut.

Total komoditi andalan Sulsel ini senilai Rp 66,43 miliar.

"Dalam kurun waktu tiga hari bersama dengan ketua Gabungan Pengusaha Ekspor Indonesia (GPEI) terangkum hingga tadi malam itu sekitar 378,50 ton dengan nilai 4,55 US dollar setara Rp 66,43 miliar," katanya.

Ekspor ini merupakan langkah awal Disdag Sulsel dalam memanfaatkan kekayaan SDA Sulsel.

"Pasti terus berlanjut,  Sulsel itu tidak pernah berhenti ekspor, kami ini bersyukur kepada Allah SWT karena diberikan alam yang lebih dibandingkan provinsi-provinsi lain," tuturnya.

Dalam pelepasan ini, enam mobil truk pengangkut komoditas secara resmi dilepas.

Truk pengangkut produk ekspor tersebut bergerak meninggalkan lokasi rumah jabatan menuju tempa pengiriman.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman mengatakan pelepasan ekspor produk halal andalan Sulsel ini  menjadi bukti kekuatan ragam komoditas di Sulsel.

Ia pun mengapresiasi usaha Disdag Sulsel yang mampu menghasilkan Rp 66,43 miliar.

“Kita ingin ekspor ini menjadi kegiatan rutin untuk membangkitan perekonomian. Apresiasi juga buat pengusaha, Dinas Perdagangan dan masyarakat dengan pelepasan komoditas senilai Rp 66 miliar ini,” ujar Andi Sudirman.

Ia berharap dorongan ekspor komoditas mampu memantik perekonomian masyarakat. Utamanya para petani komoditas di daerah-daerah.(*)

Laporan Wartawan Tribun-Timur.com, Faqih Imtiyaaz

Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved