Citizen Reporter

Dosen FEB UMI Latih Latih Siswa SMP Menghafal Al Quran Bikin Es Krim dan Gelato untuk Wirausaha

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia atau FEB UMI memberikan pelatihan Kewirausahaan Islami kepada siswa SMP Menghafal Al Quran

Penulis: CitizenReporter | Editor: Edi Sumardi
CITIZEN REPORTER/IMADUDDIN
Siswa dan siswi SMP Menghafal Al Quran (SMPMQ) Khairu Ummah foto bersama di sela pelatihan kewirausahaan yang diselenggarakan FEB UMI, di Makassar, Sulsel, Sabtu (15/10/2022). 

Dr Imaduddin ST MM

Dosen FEB UMI

Melaporkan dari Makassar, Sulsel

MENYIKAPI makin meningkatnya perhatian pemerintah akan pentingnya pendidikan kewirausahaan di tiap tingkat pendidikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia atau FEB UMI memberikan pelatihan kewirausahaan islami kepada siswa SMP Menghafal Al Quran (SMPMQ) Khairu Ummah, Sabtu, 15 Oktober 2021.

Kepala SMPMQ, Ustadz Tata Abdullah SHI MPd dalam kata sambutannya mengemukakan harapannya agar kegiatan ini dapat menumbuhkan keinginan siswa berwirausaha di usia muda dan diharapkan menjadi salah satu keunggulan sekolah.

Saya selaku ketua tim menjelaskan bahwa tim melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Lektor Universitas Muslim Indonesia memberikan edukasi tentang perlunya berwirausaha bagi generasi muda muslim, dan dasar-dasar wirausaha islami.

Salah satu bidang usaha yang dapat dikembangkan oleh siswa adalah kuliner.

Namun usaha kuliner saat ini memiliki titik kritis yaitu terkait kehalalan dan dampaknya bagi kesehatan tubuh, baik yang berasal dari bahan pokok maupun pada bahan tambahan produk kuliner tersebut.

Oleh sebab itu pengetahuan tentang kuliner yang halal dan tayyib juga diperkenalkan sejak dini.

Dengan PKM ini diharapkan siswa SMPMQ Khairu Ummah mampu mengidentikasi produk kuliner yang halal dan tayyib dan mampu mengembangkannya menjadi usaha kuliner kekinian yang tidak hanyak enak dan menarik tetapi juga halal dan berdampak positif bagi kesehatan tubuh.

Es krim dan gelato adalah produk berbasis susu yang susu yang mengandung gizi lengkap namun memiliki titik kritis kehalalan dalam hal pemilihan bahannya.

Siswa dilatih untuk memilih komposisi bahan yang baik dan halal kemudian membuatnya menjadi es krim dan gelato yang enak dengan rasa coklat dan buah kesukaan mereka.

Akhirnya, menutup kegiatan ini, kepala sekolah dan guru pendamping menyatakan, insyaaAllah akan menjadikan kegiatan ini sebagai salah satu bagian dari pembelajaran yang akan ditindaklanjuti dengan memberikan tugas khusus membuat rancangan usaha es krim yang akan diperkenalkan dalam kegiatan market day di akhir tahun ajaran.

Dari kegiatan ini diharapkan kreativitas dan kemandirian siswa dalam mengembangkan minat dan bakatnya dapat terus ditingkatkan.(*)

Baca berita terbaru dan menarik lainnya di Tribun-Timur.com via Google News atau Google Berita

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved