Pilpres 2024

Jawaban Yenny Wahid Didorong Maju Cawapres 2024 Dampingi Ganjar Pranowo

Yenny Wahid merasa terkejut atas dorongan maju calon wakil presiden atau cawapres 2024 mendampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Editor: Ari Maryadi
Kompas.com
Kolase Ganjar Pranowo dan Yenny Wahid. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendeklarasikan Ganjar Pranowo dan Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid untuk maju dalam pilpres 2024. 

TRIBUN-TIMUR.COM -- Yenny Wahid merasa terkejut atas dorongan maju calon wakil presiden atau cawapres 2024 mendampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Nama Yenny Wahid dideklarasikan sebagai calon pendamping Ganjar Pranowo maju Pilpres 2024 oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Yenny Wahid adalah putri presiden ke-4 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Yenny Wahid juga merupakan aktivis sosial.

"Saya cukup terkejut dengan pengumuman PSI yang menominasikan saya untuk mendampingi Mas Ganjar," kata Yenny kepada Kompas.com pada Rabu (5/10/2022).

Walaupun demikian, ia mengaku berterima kasih karena dirinya dianggap dipercaya untuk mengemban amanah tersebut.

"Saya tentu berterimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan. Intinya, kalau orang Jawa bilang, ora rumongso namung nrimo ing pandum (tidak merasa, tapi siap menerima kenyataan)," ujar perempuan bernama lengkap Zannuba Ariffah Chafsoh ini.

Dalam deklarasi PSI yang dihelat secara virtual lewat jumpa pers daring pada Senin (3/10/2022), Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie, mengeklaim bahwa Yenny dipilih karena kualitas kepribadiannya yang dianggap mumpuni.

"Sebagai sosok tokoh perempuan Islam, Mbak Yenny dihormati karena pemikiran dan kontribusinya dalam gerakan sosial," sebut dia.

Di samping itu, PSI menilai bahwa Yenny konsisten melanjutkan perjuangan ayahnya dalam mewujudkan Indonesia yang adil dan toleran.

Grace mengeklaim bahwa sosok Abdurrahman Wahid atau Gus Dur sangat dihormati oleh PSI.

"Ini lah (Ganjar-Yenny) pasangan yang didorong oleh PSI menjadi calon presiden dan wakil presiden 2024 untuk mewujudkan Indonesia sebagai negeri yang adil dan toleran," kata Grace.

Namun, Yenny menilai bahwa ini bukan saat yang tepat untuk membicarakan politik praktis termasuk deklarasi untuk Pilpres 2024 oleh PSI yang menominasikan dirinya.

"Karena bangsa kita masih berduka dengan adanya Tragedi Kanjuruhan," kata dia.

Halaman
123
Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved