Anshar Tangkesalu Sebut Proses Perekrutan Pemilu 2024 di Toraja Utara Masih Tunggu Arahan dari PKPU

Proses perekrutan adhoc untuk pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 KPU Kabupaten Toraja Utara masih menunggu PKPU maupun arahan dari KPU RI.

Editor: Content Writer
DOK PEMKAB TORAJA UTARA
Proses perekrutan adhoc untuk pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 KPU Kabupaten Toraja Utara masih menunggu PKPU maupun arahan dari KPU RI. 

PROSES perekrutan adhoc untuk pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 KPU Kabupaten Toraja Utara masih menunggu PKPU maupun arahan dari KPU Republik Indonesia.

Perihal tersebut disampaikan Komisioner KPU Kabupaten Toraja Utara ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM), Anshar Tangkesalu.

Ia mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya belum bisa memastikan kapan tepatnya akan dilakukan perekrutan penyelenggara pemilu adhoc.

“Kemungkinan akhir Oktober atau November sebab belum ada jadwal resmi dari KPU RI,” kata Anshar.

Melalui Pemilu serentak 2024, KPU Kabupaten Toraja Utara memerlukan sebanyak 105 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Sementara, 453 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) lainnya akan melangsungkan tahapan pemilu di tingkat kecamatan dan Lembang/kelurahan di Kabupaten Toraja Utara.

Selain itu KPU Kab. Toraja Utara juga akan merekrut Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) sebanyak jumlah TPS yang ada di Kabupaten Toraja Utara.

Dimana nantinya bertugas untuk memutakhirkan data pemilih dari rumah kerumah sehingga data yang diperoleh betul betul akurat.

Pelaksanaan pemilu diperkirakan berlangsung pada 14 Februari 2024 dan sekitar 822 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kabupaten Toraja Utara.

Tentunya Toraja memerlukan lebih banyak lagi tenaga Sumber Daya Manusia (SDM).

Terdiri dari 7 orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan 2 orang petugas ketertiban TPS yang nantinya akan bertugas di masing masing TPS.

Dimana jika di total dari perkiraan 822 TPS maka ada sekitar 7.398 tenaga SDM yang akan direkrut.

Tentunya seluruh masyarakat kabupaten Toraja Utara mempunyainhak untuk menjadi penyelenggara pemilu adhoc bagi yang telah memenuhi syarat.

Termasuk syarat yang paling mendasar adalah tidak menjadi anggota atau pengurus salah satu partai politik, usia dan pendidikan.

Anshar juga mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi dalam menyukseskan pemilu tahun 2024 termasuk menjadi bagian dari Penyelenggara Pemilu di KPU.

“Segera mempersiapkan diri untuk mendaftar sebagai calon penyelenggara pemilu adhoc nantinya, pastikan anda tidak menjadi anggota atau pengurus salah satu partai politik,” kata Anshar.

Silahkan mengecek  nomor induk kepedudukan (NIK) melalui link: https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik (adv/rerifaabdurahman).

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved