Headline Tribun Timur

Lima Misi Pemprov Sulsel Atasi Inflasi

Sulsel menjadi satu-satunya provinsi di Indonesia yang mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat dalam hal penyediaan insfrastruktur.

Penulis: Kaswadi Anwar | Editor: Hasriyani Latif
TRIBUN-TIMUR.COM/KASWADI
Para pembicara CEO Busines Forum 2022 di Saoraja Wisma Kalla, Makassar, Selasa (4/10/2022). Pada kesempatan itu, Kepala Bappelitbangda Provinsi Sulsel Andi Darmawan Bintang menjelaskan visi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel atasi inflasi. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kepala Bappelitbangda Provinsi Sulsel Andi Darmawan Bintang menjelaskan visi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel, inovatif, produktif, kompetitif, inklusif, dan berkarakter.

Lima misi diemban pemprov untuk mewujudkan visi tersebut. Pertama, meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), terutama jadi pelayan berkaitan dengan proses izin.

“Bagaimana memudahkan izin, karena selama ini ada timbul pemikiran kalau mudah kenapa di persulit. Ini yang menjadi pemikiran kita, gubernur sekarang sangat konsen terkait dengan kualitas kinerja dari aparatur sipil negara (ASN),” jelas Darmawan saat jadi pembicara di CEO Forum Business 2022 di Sao Raja Wisma Kalla, Selasa (4/10/2022).

Oleh karenanya, jika ada hal-hal berkaitan dengan perizinan atau pelayanan tidak memuaskan kepada pelaku dunia usaha silakan dilaporkan. “Gubernur pasti akan lakukan penindakan,” ujar Darmawan.

Kedua, peningkatan kualitas infrastruktur yang berkualitas dapat diakses.

Infrastruktur jalan menjadi perhatian utama Pemprov Sulsel yang mempunyai lintas harian rata-rata terbesar.

“Sudah kita lihat pada daerah tengah yang mungkin kemarin agak rusak, demikian juga selatan dan utara itu sudah kita perbaiki,” kata Darmawan.

Ketiga, infrastruktur irigasi juga menjadi perhatian Pemprov Sulsel. Sebab, irigasi jadi kekuatan dalam sektor pertanian.

Dalam konteks ini, Sulsel menjadi satu-satunya provinsi di Indonesia yang mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat dalam hal penyediaan insfrastruktur.

“Kita diberikan pembangunan tiga bendungan dan satu bendung yang akan dibangun. Nilainya Rp 40 triliun,” sebutnya.

Keempat, infrastruktur berkaitan dengan peralatan UMKM. “Kita bergerak membantu mereka, sebab UMKM salah satu pilar pertama di Sulsel,” sebutnya.

Hanya saja dalam perkembangannya, UMKM perlu dukungan, bukan hanya produk, tapi juga butuh dibantu dalam konteks inovasi.

“Demikian juga dengan teman-teman pengusaha yang perlu dilakukan sekarang yang mungkin menjadi bagian dari kita adalah bagian dari inovasi,” ucapnya.

Kelima, Pemprov Sulsel bekerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota konsul terkait dengan inflasi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved