Unismuh

LP3M Unismuh Ciptakan Produk Mesin Anjungan Basis Data

Produk Mesin Anjungan Basis Data ini adalah hasil dari output kegiatan pengabdian melalui hibah internal Unismuh Makassar 2022.

Penulis: Faqih Imtiyaaz | Editor: Hasriyani Latif
Unismuh
Produk Mesin Anjungan Basis Data yang berguna mengecek data karya para dosen, Senin (3/10/2022). Produk Mesin Anjungan Basis Data ini adalah hasil dari output kegiatan pengabdian melalui hibah internal Unismuh Makassar 2022. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menghadirkan produk mesin anjungan basis data dalam rangka memudahkan akses informasi bagi Dosen, Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M). 

Produk Mesin Anjungan Basis Data ini adalah hasil dari output kegiatan pengabdian melalui hibah internal Unismuh Makassar 2022.

Tim Program Hibah Internal Pengabdian Dosen Unismuh diketuai Lukman Anas dan beranggotakan Sekretaris Divisi Pengabdian Masyarakat Muh Yunus Ali dan Dosen FKIP Agustan. 
 
Lukman Anas yang juga terlibat sebagai Analis Software Engineer mengatakan bahwa produk mesin anjungan yang diciptakan ini digunakan untuk keperluan pengecekan hasil karya-karya dosen.

"Lewat mesin anjungan ini terdapat berbagi fitur yang bisa diakses mulai data penelitian, data pengabdian, data publikasi, data HAKI, data buku, data produk inovasi dan pengecekan persuratan," kata Lukman di Kampus Unismuh, Senin (3/10/2022) .

Dalam pembuatan dan perancangan sistem aplikasi, penggunaan mesin anjungan basis data informasi ini dirancang agar mudah dipahami dan diaplikasikan bagi dosen dilingkup Unismuh Makassar.

"Untuk mengakses hanya perlu memasukkan NIDN atau NIDK dosen kemudian akan tampil identitas dari dosen yang bersangkutan, juga terdapat menu tambahan yaitu fitur Scan QR Code dan cetak report," Jelas Lukman. 

Tidak hanya itu, dosen juga bisa menggunakan fitur cetak report langsung pada mesin anjungan tersebut. 

Nantinya, akan tercetak langsung berupa rekapan jumlah masing-masing karya yang dimiliki oleh dosen tersebut menggunakan paper thermal roll atau  kertas resi.

"Kita berharap pengelolaan sistem ini bisa dimaksimalkan dalam pengelolaan basis datanya dan informasi," ujarnya.

Wakil Rektor I Unismuh Makassar Abd Rakhim Nanda menambahkan produk mesin anjungan basis data ini merupakan hasil pengabdian pada masyarakat dosen Unismuh.

Ia berharap dosen Unismuh yang lainnya bisa melakukan inovasi baru didalam kegiatan penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.

"Semoga dalam waktu yang tidak lama dapat dibuat gandanya agar setiap fakultas dapat digunakan,” ujarnya.

"Di aplikasi ini dosen dapat mengecek setiap saat mereka mau melihat data penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta karya ilmiah lain yang dimiliki," tuturnya.

Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved