Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Muslimin Bando: Mengheningkan Cipta Dimulai

Upacara diawali dengan laporan komandan upacara kepada inspektur upacara Muslimin Bando. Kemudian, upacara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta.

Penulis: Erlan Saputra | Editor: Saldy Irawan
DOK PRIBADI
Wakil Ketua DPRD Enrakang, Ikrar Eran Batu saat membacakan teks ikrar Kesaktian Pancasila di Alun-alun Abubakar Lambogo, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Sabtu (1/9/2022).   

TRIBUN-TIMUR.COM, ENREKANG - Bupati Enrekang Muslimin Bando memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila di Alun-alun Abubakar Lambogo, Sabtu (1/10/2022).

Upacara mulai berlangsung pada pukul 08.00 Wita.

Upacara diawali dengan laporan komandan upacara kepada inspektur upacara Muslimin Bando. Kemudian, upacara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta.

"Mengheningkan cipta dimulai," tutur Muslimin Bando.

Adapun yang bertugas membacakan teks ikrar Kesaktian Pancasila yaitu Wakil Ketua DPRD Enrekang, Ikrar Eran Batu.

"Dengan Rahmat Tuhan Yang maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya. Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataanya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia," demikian potongan naskah ikrar yang dibacakan Ikrar Eran Batu.

Turut hadir Wakil Bupati Enrekang Asman, Forkopimda, anggota DPRD, pimpinan organisasi pimpinan daerah (OPD) dan sejumlah undangan lainnya.

Upacara ini juga dihadiri oleh seluruh guru, Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup pemerintah kabupaten, hingga para siswa SD, SMP, dan SMA.

Dalam kesempatan itu, Muslimin Bando membacakan teks pancasila, sedangkan Undang-undang Dasar Tahun 1945 dibacakan oleh anggota DPRD Enrekang Nurul Hikmah.

Setelah upacara berakhir, Muslimin Bando menyerahkan 28 unit kendaraan motor dinas program latihan khidmat negara (PLKN).

Sementara itu, sebanyak 12 kendaraan motor dinas diserahkan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) KIT dengan tujuan penanganan lokus penurunan stunting.(*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved