Inflasi

Seluruh Masyarakat Tana Toraja Diimbau Manfaatkan Lahan Kosong untuk Tanam Tanaman Cepat Panen

kepada pimpinan OPD, camat lurah dan kepala  lembang memerintahkan kepada ASN dilingkup masing-masing untuk gerakan tanam pangan cepat

Penulis: Freedy Samuel Tuerah | Editor: Muh. Irham
ist
Sekda Tana Toraja, Sulaiman Malia 

TORAJA, TRIBUN-TIMUR.COM - Menghadapi ancaman resesi dan inflasi di Indonesia tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Tana Toraja menerbitkan surat edaran kepada seluruh stakeholder dan masyarakat Tana Toraja.

Surat edaran itu beredar luas di grup-grup WhatsApp di Tana Toraja, Jumat (30/9/2022).

Serketaris Daerah Tana Toraja, Sulaiman Malia mengatakan, surat edaran itu diterbitkan untuk menindaklanjuti surat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) No 005/6217 tanggal 15 Agustus 2022 tentang pengendalian Inflasi tahun 2022 dan hasil tindak lanjut dari arah Presiden RI terkait pengendalian inflasi tahun 2022.

Menurut Sulaiman Malia, Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung mengeluarkan Surat Edaran  No. 427/IX/2022/Sekda, dan ditujukan kepada para organisasi kepala daerah (OPD), para pimpinan perguruan tinggi, para pimpinan kepala keumatan, Para Camat lurah dan kepala lembang dan seluruh masyrakat Tana toraja dalam langkah-langkah untuk mengantisipasi terjadi Inflasi di Tana Toraja.

Sulaiman mengatakan, isi surat edaran terdapat 4 point penting di dalamnya.

"Bisa kita lihat bersama, di dalam surat edaran bapak bupati ada 4 point penting" Ujarnya

Pertama, kepada pimpinan OPD, camat lurah dan kepala  lembang memerintahkan kepada ASN dilingkup masing-masing untuk gerakan tanam pangan cepat dan tanaman hortikultura dilingkungan masing-masing.

Kedua, kepada pimpinan perguruan tinggi se-kabupaten Tana toraja untuk menggalakan menanam dipekarangan kampus tanaman pangan cepat, seperti cabai, bawang  dan lain sebagainya.

Ketiga, kepada para pemimpin lembaga keumatan untuk pengoptimalan lahan pekarangan untuk menanam Pangan dan komoditas tanaman obat.

Keempat, kepada Camat lurah dan kepala lembang untuk bersinergi dengan RT/RW dan seluruh masyrakat menggalakan pemamfaatan lahan rumah, kebun dan lain sebagainya untuk ditanami komoditas pangan.

Sulaiman mengatakan, kiranya semua lapisan masyarakat agar bergandengan tangan untuk menghadapi segala tantangan kedepan.

"Semoga kita bisa bergandengan tangan dalam menghadapi setiap tantangan," kata Sulaiman. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved