Dinas Pariwisata Tana Toraja Gelar Pelatihan Pengelolaan Toilet di Destinasi Wisata

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk bagaimana pengelola toilet itu menjaga kebersihan toilet sesuai dengan standar untuk destinasi wisata.

TRIBUN-TIMUR.COM/KRISTIANI TANDI RANI
Kepala Dinas Pariwisata Tana Toraja Adelheid Sosang. Masalah besar destinasi wisata di Toraja adalah kebersihan dan toilet sehingga Dinas Pariwisata menggelar pelatihan pengelolaan toilet. 

TRIBUN-TIMUR.COM, TORAJA - Dinas Pariwisata Tana Toraja menggelar Pelatihan Pengelolaan Toilet Destinasi Wisata di Vila Manggasa, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Kegiatan yang resmi dibuka Wakil Bupati Tana Toraja Zadrak Tombeg berlangsung selama dua hari, Kamis-Jumat (29-30/9/2022).

Kepala Dinas Pariwisata Tana Toraja Adelheid Sosang mengatakan tujuan dari pelatihan ini untuk mewujudkan toilet yang sesuai standar wisata. 

"Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk bagaimana pengelola toilet itu menjaga kebersihan toilet sesuai dengan standar untuk destinasi wisata," katanya. 

Hal ini, lanjutnya, akan menjadi penilaian khusus bagi setiap wisatawan yang datang.

"Ketika wisatawan baik dari luar maupun dari dalam datang boleh menikmati keindahan dan kebersihan lingkungan objek, maupun toilet yang ada di wilayah wisata," ujarnya.

Dikatakan, masalah besar destinasi wisata di Toraja adalah kebersihan dan toilet. 

"Karena yang menjadi kendala selama ini adalah masalah kebersihan, baik itu berupa sampah-sampah maupun masalah toilet," tuturnya. 

Melalui pelatihan ini diharapkan pengelola pariwisata mampu mewujudkan toilet yang bersih di daerah destinasi wisata binaan mereka. 

"Dengan adanya pelatihan ini, kami berharap pengelola destinasi ini bisa kembali dan mempraktekkan seperti apa toilet yang bersih, memenuhi standar yang akan menunjang daya tarik bagi setiap wisatawan," tuturnya. (*)

Laporan Wartawan Tribun Timur, Kristiani Tandi Rani

Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved