Unibos Kukuhkan Doktor Pertama Bidang Perencanaan Wilayah Kota

Judul penelitiannya "Model Keterkaitan Sistem Irigasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Wilayah Kabupaten Bantaeng".

Penulis: Faqih Imtiyaaz | Editor: Saldy Irawan
DOK PRIBADI
Suasana pengukuhan gelar doktor bagi Burhanuddin Badrun dibidang perencanaan wilayah kota, Kamis (29/9/2022)   

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Univeristas Bosowa (Unibos) mengukuhkan doktor pertama bidang Perencanaan Wilayah Kota di Balai Sidang 45, Kampus Unibos, Jl Urip Sumoharjo, Kamis (29/9/2022) . 

Sosok Burhanuddin Badrun meraih doktor dari penelitiannya tentang irigasi. 

Judul penelitiannya "Model Keterkaitan Sistem Irigasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Wilayah Kabupaten Bantaeng".

Dr Burhanuddin Badrun mengkaji permasalahan utama dalam pengembangan sistem irigasi di Kabupaten  Bantaeng yakni keterbatasan pengelolaan infrastruktur. 

Kondisi ini ditandai dengan adanya kerusakan dinding saluran atau banyaknya sendimen tanah yang menyebabkan penurunan layanan ketersediaan air. 

Pengelolaan irigasi yang menjamin ketersediaan air mengalami hambatan dengan rendahnya kemampuan kelompok pemakai air dalam mengontrol kualitas layanan irigasi

"Olehnya, kajian ini berfokus pada kontribusi pengelolaan irigasi terhadap pertumbuhan ekonomi wilayah," Jelas Dr Burhanuddin Badrun. 

Secara kompleks, kajian ini menelusuri pengaruh ketersediaan air, jaringan irigasi, dan asosiasi irigasi terhadap pengelolaan irigasi. 

Urgensi penelitian Dr Burhanuddin Badrun mengarah pada upaya keberlanjutan layanan irigasi terhadap pertumbuhan ekonomi wilayah dan secara praktis menumbuhkan kemampuan petani dalam mengelola infrastruktur petani

"Model pengelolaan irigasi memiliki korelasi yang sangat kuag terhadap pengembangan ekonomi wilayah Bantaeng," Jelas kesimpulan Dr Burhanuddin Badrun

"Strategi yang efektif adalah memperkuat kapasitas lembaga petani pemakai air unthk mendorong upaya mempertahankan keandalam air irigasi, " Sambungnya. 

Melalui strategi tersebut, maka asosiasi irigasi dan air irigasi akan lebih mendukung pengelolaan irigasi. 

Penelitian ini pun menghantar Dr Burhanuddin Badrun meraih gelar doktor

"Ini adalah gelar doktor pertama bagi perencanaan wilayah kota. Kemudian, dia mampu menyelesaikan studi tepat waktu dengan predikat cumlaude," ujar Rektor Unibos Prof Batara Surya. 

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved