Survei CSIS

Gen Z Puas Kinerja TNI, Pengamat Politik UIN Firdaus: Polri hingga KPK Harus Bangun Public Trust

Firdaus Muhammad merespon terkait hasil survei Centre for Strategic and International Studies ( CSIS ).

Editor: Muh Hasim Arfah
Media Fraksi Gerindra
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto merekatkan tangan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Dudung Abdurachman. Momen itu diambil pasca rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (26/9/2022). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin MakassarFirdaus Muhammad merespon terkait hasil survei Centre for Strategic and International Studies ( CSIS ).

Hasil survei itu menunjukkan, respon pemilih muda lebih puas dengan kinerja Tentara Nasional Indonesia (TNI) ketimbang Polisi Republik Indonesia (Polri) dan beberapa instansi lain milik negara.

Firdaus mengatakan, dari sekian banyak lembaga survei, CSIS merupakan salah satu yang bisa dipercaya. Sebab, hasil surveinya memiliki dasar kuat.

"Hasil surveinya memiliki dasar dari data yang merekam pendapat sesuai konteksnya," katanya via pesan what's app, Rabu (28/9/2022).

Misalnya, kata Firdaus, melihat respon kaum millenial dan gen Z condong lebih puas terhadap kinerja TNI menunjukkan, instansi militer mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Gen Z adalah generasi kelahiran 1997-2012 dan berusia antara 10-25 tahun pada 2022. Sementara itu, Gen Y atau Millennial adalah kelahiran 1981-1996 dan berusia antara 25-40 tahun pada 2022.

Hal itu bisa dilihat dari kebijakan yang dibuat TNI. Selalu memperhatikan dan melibatkan kaula muda, menjadikan animo pemilih muda condong menyukai instansi ini.

Baca juga: Survei CSIS: Elektabilitas PDI Perjuangan tak Tergoyahkan Posisi Pertama Jelang Pemilu 2024

Centre for Strategic and International Studies ( CSIS)  merilis hasil survei dukungan dan kepuasan terhadap Demokrasi, September 2022. Kategori Political trust, dari 11 lembaga yang diuji, rata-rata kepercayaan terhadap lembaga negara sebesar 75,3 persen.
Centre for Strategic and International Studies ( CSIS)  merilis hasil survei dukungan dan kepuasan terhadap Demokrasi, September 2022. Kategori Political trust, dari 11 lembaga yang diuji, rata-rata kepercayaan terhadap lembaga negara sebesar 75,3 persen. (dok CSIS)

"Misalnya, kaum muda condong lebih puas terhadap kinerja TNI dibandingkan institusi lain. Dalam konteks Demokrasi, TNI memiliki kepercayaan tinggi," jelas Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin ini.

Sehingga, dia berharap, lembaga lain seperti kepresidenan, Mahkamah Agung, Komisi Pemberantasan Korupsi, hingga Polri dapat memperbaiki kinerja dengan memperhatikan anak muda.

"Lembaga kepresidenan, MA, KPK dan Polri patut menjadikan survei itu sebagai rujukan untuk membangun trust publik," ucapnya.

Centre for Strategic and International Studies ( CSIS) merilis hasil survei dukungan dan kepuasan terhadap Demokrasi, September 2022.

Hasilnya, dukungan pemilih muda terhadap demokrasi mengalami penurunan dibandingkan 4 tahun lalu.

Ketidakpuasan terhadap demokrasi juga lebih dari sepertiga dari total responden.

Baca juga: Survei CSIS: Pemimpin Jujur dan Tidak Korupsi Diminati Pemilih Muda

Survei dilakukan pada pemilih muda dengan kategori usia 17 hingga 39 tahun pada periode 8 hingga 13 Agustus 2022.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved