Yuk ke Festival Budaya Gau’ Maraja di Fort Rotterdam Makassar, Ada Pertunjukan dan Aneka Kuliner

Festival budaya Gau’ Maraja kembali digelar untuk kali ketiga, dengan mengangkat tema "Spirit Jalur Rempah Nusantara".

Editor: Edi Sumardi
DOK BPNB SULSEL
Tari-tarian pada perhelatan festival budaya Gau’ Maraja di Fort Rotterdam, Makassar, Sulawesi Selatan ( Sulsel ), Selasa (27/9/2022). Acara ini mengangkat tema "Spirit Jalur Rempah Nusantara". 

TRIBUN-TIMUR.COM - Festival budaya Gau’ Maraja kembali digelar untuk kali ketiga, dengan mengangkat tema "Spirit Jalur Rempah Nusantara".

Tahun ini berlangsung, di Fort Rotterdam, Makassar, Sulawesi Selatan ( Sulsel ), selama 3 hari, Selasa - Kamis (27-29/9/2022).

Gau’ Maraja kali pertama digelar pada tahun 2019 lalu di Pantai Akkarena, Makassar.

Dalam siaran pers Balai Pelestarian Nilai Budaya atau BPNB Sulsel selaku penyelenggara, pada perhelatan Gau’ Maraja, akan disuguhkan beragam acara, mulai dari permainan rakyat, parade busana etnik, festival kuliner, pameran boneka tradisional kanana’ karya Maestro tradisi Daeng Manda, lomba foto, lomba video, dan seni pertunjukan.

Pada acara pembukaan, Rabu (28/9/2022), akan ditampilkan teater kolosal dan tarian massal.

Teater kolosal berkisah tentang pelayaran tokoh imajinatif saudagar rempah Daeng Parewa yang berlayar melalui titik-titik perdagangan rempah di timur Nusantara.

Dalam pelayaran itu, Daeng Parewa bertemu dan berinteraksi dengan banyak kebudayaan lokal, termasuk dinamika pelayaran berupa cuaca, peperangan di laut, juga konflik antarawak kapal.

Baca juga: FOTO: Festival Budaya Tradisional dan Kontemporer Gau Maraja

Sementara tarian massal akan mengangkat cerita tentang kesabaran dan kesetiaan perempuan Makassar yang ditinggal suaminya yang pergi berlayar.

Dalam penantian itulah kesabaran diuji, mereka mengisi hari harinya dengan pekerjaan rumah tangga, menumbuk padi, membesarkan anak dan saling berinteraksi.

Ketua panitia Gau’ Maraja Muhammad Aulia Rakhmat dalam siaran persnya mengatakan, Gau’ Maraja diselenggarakan sebagai upaya pemajuan kebudayaan sebagaimana diamanahkan undang-undang.

"Festival budaya Gau’ Maraja bertujuan untuk mendukung program jalur rempah Nusantara, dan menciptakan ekosistem berkesenian di Sulawesi Selatan,” kata dia.(*)

Baca berita terbaru dan menarik lainnya di Tribun-Timur.com via Google News atau Google Berita

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved