Panwascam

Pendaftar Panwascam di Dua Kecamatan di Makassar Minim, Padahal Waktu Pendaftaran Sisa Dua Hari

Kini masa pendaftaran tersisa dua hari lagi. Berdasarkan jadwal yang ditetapkan Bawaslu Kota Makassar, pendaftaran akan ditutup pada 27 September 2022

Penulis: Wahyudin Tamrin | Editor: Muh. Irham
TRIBUN TIMUR/WAHYUDIN TAMRIN
Suasana pendaftaran panwascam di kantor Bawaslu Kota Makassar Jl Letjen Hertasning No 11, Kassi-Kassi, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Rabu (21/9/2022). Pendaftaran calon panwascam akan dibuka hingga 27 September 2022. 

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Makassar telah membuka pendaftaran calon Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) 2024 di Kota Makassar sejak 21 September 2022 lalu.

Selama lima hari masa pendaftaran, jumlah pendaftar Panwascam di 15 kecamatan di Kota Makassar sudah mencapai 151 orang. 95 laki-laki dan 56 perempuan.

Kini masa pendaftaran tersisa dua hari lagi. Berdasarkan jadwal yang ditetapkan Bawaslu Kota Makassar, pendaftaran akan ditutup pada 27 September 2022.

Namun, selama lima hari Bawaslu buka pendaftaran, masih ada lima kecamatan belum memenuhi syarat yang ditetapkan yaitu enam orang setiap kecamatan dengan harus ada perwakilan perempuan.

Lima kecamatan yang pendaftarnya sangat minim yakni Wajo hanya dua orang dan Ujung Pandang satu orang.

Kemudian Kepulauan Sangkarrang hanya tiga orang, dan Bontoala lima orang.

Terakhir yang belum memenuhi syarat yakni Tallo. Meskipun jumlah yang mendaftar sembilan orang, namun belum ada perwakilan perempuan mendaftar.

Untuk kecamatan lain, semua sudah memenuhi persyaratan. Yakni melebihi jumlah yang akan ditetapkan sebanyak enam orang dan semua sudah memiliki perwakilan perempuan.

Kordiv Hukum, Humas, dan Datin Bawaslu Kota Makassar Dede Arwinsyah mengatakan jika jumlah pendaftar belum mencapai minimal enam orang dengan keterwakilan perempuan, akan dilakukan perpanjangan pendaftaran.

"Kalau tidak cukup, diperpanjang hanya di kecamatan yang kurang. Yang sudah memenuhi kuota tidak ada perpanjangan," kata Dede kepada Tribun-Timur.com, Minggu (25/9/2022).

Meskipun tersisa dua hari lagi masa pendaftaran, Dede tetap optimis kuota di semua kecamatan akan terpenuhi pada 27 September 2022.

"Kita optimis kuota akan terpenuhi karena pengalaman di Pemilu sebelumnya biasanya pendaftar membludak hari terakhir," kata Dede.

Ia menyebutkan, menjelang akhir masa pendaftaran, Bawaslu Makassar lebih giat lagi meningkatkan sosialisasi di kecamatan yang masih minim pendaftar.

"Kita berusaha meningkatkan sosialisasi lewat berbagai saluran untuk mengimbau kepada warga yang berminat menjadi pengawas agar mendaftarkan dirinya," ucap Dede.

Halaman
123
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved