Kelas Podcast, Cara Noice Ajak Anak Muda Makassar Berkarya

Kelas Podcast Noice membahas mengenai seluk beluk dunia podcast, cara memproduksi konten yang kreatif, hingga cara monetisasi konten.

Penulis: Rudi Salam | Editor: Hasriyani Latif
TRIBUN-TIMUR.COM/RUDI SALAM
VP of Content Noice Thomas Raditya pembicara Kelas Podcast di Kampus Universitas Ciputra (UC) Makassar, Sabtu (24/9/2022). Acara ini merupakan rangkaian program terintegrasi untuk memberikan edukasi seputar podcast dan konten audio kepada para konten kreator lokal. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Noice, platform konten audio streaming lokal, hadirkan Kelas Podcast di Kota Makassar.

Acara ini berlangsung di Auditorium Universitas Ciputra (UC) Makassar, Sabtu (24/9/2022).

Kelas Podcast tersebut merupakan lanjutan dari kegiatan serupa yang dilaksanakan secara online pada akhir Agustus lalu di Jakarta dan awal September lalu di Bandung.
 
Kelas Podcast yang digagas oleh Noice merupakan bagian dari Noicemaker Academy, rangkaian program terintegrasi untuk memberikan edukasi seputar podcast dan konten audio kepada para konten kreator lokal.

Kelas ini mengangkat tema seputar cara membuat podcast ala Noice yang diisi oleh podcaster Noice yang juga berasal dari Kota Makassar Arif Brata, VP of content Noice Thomas Raditya, dan Noice Creator Program Lead Fajrin Sahaf.

Acara ini membahas mengenai seluk beluk dunia podcast, cara memproduksi konten yang kreatif, hingga cara monetisasi konten.

VP of Content Noice Thomas Raditya mengataka, berkarya di medium audio terbilang jauh lebih sederhana dan tidak rumit.

Berbeda dengan visual yang cenderung lebih memperhatikan penampilan fisik serta membutuhkan peralatan yang lebih banyak. 

Selain itu, banyak pula kreator pemula yang masih bingung mau memulai darimana. 

“Terkadang hal-hal seperti ini menjadi kendala yang dirasakan oleh para kreator daerah sehingga membatasi mereka untuk berkarya,” kata Thomas Raditya.

Untuk itu, sambungnya, Noice hadir di Makassar untuk memberikan dukungan dalam bentuk edukasi bagi para anak muda yang ingin berkarya di industri konten audio.

Seperti memproduksi podcast, ataupun menjadi VO (voice over) talent untuk vertikal audiobook & audioseries yang ada di Noice.

5 Kota Pendengar Podcast Terbanyak

Thomas Raditya memaparkan, Kota Makassar termasuk ke dalam lima kota dengan pendengar podcast terbanyak di Indonesia. 

Saat ini, tercatat hampir setengah juta pendengar Noice berasal dari Makassar dengan rentang usia 18-34 tahun yang merupakan kalangan gen-Z dan millennials. 

“Hal ini tentunya menjadi alasan tersendiri mengapa podcast dan konten audio menjadi salah satu media yang cukup populer untuk mendapatkan inspirasi, hiburan sekaligus informasi di kota ini,” kata Thomas Raditya.

Lebih lanjut, Thomas Raditya mengatakan Noice tidak tanggung-tanggung memberikan dukungan penuh bagi para kreator lokal untuk berani berkarya lewat konten audioz

Tidak hanya dukungan dari sisi produksi dan promosi, tetapi juga edukasi, lewat program-program seperti Kelas Podcast yang berlangsung di Makassar ini, hingga langkah monetisasi.(*)

Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved