OTT Hakim Agung

Pengamat: Kasus Suap Hakim Agung Sudrajad Dimyati Fenomena Gunung Es Mafia Peradilan

Pengamat Feri Amsari menganggap OTT KPK kepada Hakim Agung Sudrajad Dimyati merupakan puncak gunung es dari fenomena mafia peradilan di Indonesi

Editor: Ari Maryadi
(Tribunnews.com/ Abdi Ryanda Shakti)
Hakim Agung Sudrajad Dimyati menggunakan rompi warna orange setelah resmi ditahan dalam kasus suap penanganan perkara di Mahkamah Agung, Jumat (23/9/2022). (Tribunnews.com/ Abdi Ryanda Shakti) 

TRIBUN-TIMUR.COM - Pengamat hukum menilai, kasus dugaan suap yang menyeret Hakim Agung Sudrajad Dimyati merupakan puncak gunung es dari fenomena mafia peradilan di Tanah Air.

Hakim Agung Sudrajad Dimyati terjaring Operasi tangkap tangan atau OTT Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sudrajad Dimyati tidak sendiri. KPK juga menangkap 5 pegawai Mahkamah Agung (MA), beserta 4 pemberi suap pada Rabu (21/9/2022) malam. 

Direktur Pusat Studi Konstitusi Fakultas Hukum Universitas Andalas Feri Amsari berpandangan fenomena mafia peradilan ini "sudah menjadi rahasia umum".

"Menurut saya, apa yang terjadi dengan kasus penangkapan OTT hakim dan pegawai Mahkamah Agung beserta para lawyer (yang memberi suap) ini sebenarnya adalah fenomena gunung es," kata Feri kepada Kompas.com, Jumat (23/9/2022).

"Jika mau diselami lebih dalam, kita akan melihat jumlah kasus yang lebih besar," lanjutnya.

Feri mengungkapkan, bahkan jika investigasi atas mafia peradilan ini dilakukan lebih jauh, tak tertutup kemungkinan bakal terdapat "fakta-fakta yang lebih menakutkan" ketimbang yang terjadi dalam OTT KPK Rabu malam.

Fakta-fakta yang lebih menakutkan itu, menurutnya, adalah permainan perkara di peradilan.

"Coba saja dibuka pengaduan publik perkaranya di pengadilan. Berapa banyak yang diminta suap," kata Feri.

Pernyataan Feri soal permintaan suap ini senada dengan keterangan salah satu pengacara yang turut terjaring OTT KPK Rabu malam, Yosep Parera.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved