Tahanan Rutan Makassar Kabur

Buntut Tahanan Kabur, Kepala Rutan Klas 1 Makassar Diperiksa Kanwil Kemenkumham Sulsel

Pelaku merupakan narapidana yang sedang menjalani masa hukuman terkait kasus perkara pidana umum.

Penulis: Muh. Sauki Maulana | Editor: Saldy Irawan
TRIBUN-TIMUR.COM/MUH SAUKI MAULANA
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulsel Jl Sultan Alauddin, Makassar, Sulsel, Jumat (23/9/2022).   

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulsel membentuk tim menyelidiki dugaan pelanggaran Sistem Operasional Prosedur (SOP) di Rutan Klas 1 Makassar.

Pelanggaran SOP itu berkaitan dengan kaburnya satu tahanan berinisial A.

A diketahui kabur dari Rutan Kelas 1 saat menjalankan tugas sebagai korpe dapur.

Pelaku merupakan narapidana yang sedang menjalani masa hukuman terkait kasus perkara pidana umum.

Kasubid Bimpas Kemenkumham Sulsel Muhammad Amir mengatakan, timnya sudah bergerak memeriksa pihak terkait termasuk Kepala Kepala Rutan Klas 1 Makassar.

"Tim sudah berjalan dan tengah memeriksa sejumlah pihak-pihak di sana. Diantaranya Kepala Rutan Klas 1 Makassar (Karutan Makassar), Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Makassar dan sejumlah petugas sipir yang berjaga saat ini," katanya saat dikonfirmasi, Jumat (23/9/2022).

Namun, saat ditanya soal keberadaan tahanan yang kabur, Amir enggan berbicara banyak.

"Kami hanya kewenangan memeriksa bagian adanya dugaan pelanggaran SOP yang ada. Soal sejauh mana keberadaan tahanan yang kabur tersebut, itu bagian humas yang menjelaskan nanti," ujar Amir.

Terpisah, Kasubag Humas Kanwil Kemenkum Sulsel, Meidi Zulkadri juga tak mau memberikan penjelasan detail terkait A yang berhasil melarikan diri dari Rutan.

Meidi juga tak mau berbicara banyak soal terkait sejauh mana perkembangan pengejaran tahanan A.

"Saya sudah laporkan ke Kadivpas mengenai soal itu dan disarankan melapor terlebih dahulu ke Kakanwil. Jadi kami disuruh menunggu nanti karena Kakanwil sedang mengikuti kegiatan di Jakarta," jelasnya.

Sementara itu, Tribun Timur mengonfirmasi Kepala Rutan Klas 1 Makassar, Moch Muhidin terkait larinya satu tahanan Rutan.

Dirinya mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan membuat rilis mengenai kejadian ini.

"Nanti kita kirimkan press liris terkait WBP yg lari dari rutan, biar sekalian kita jawab tidak satu satu," ujar Muhidin lewat WhatsApp.

Laporan Jurnalis Tribun Timur Muh Sauki Maulana 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved