Stunting

Sekda Barru Harapkan Program Kolaborasi USAID Erat Dapat Bantu Turunkan Angka Stunting

Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Youtefa, Jl Jendral Sudirman, Kelurahan Coppo, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulsel.

Penulis: Darullah | Editor: Muh. Irham
Tribun Barru/Darullah
Sekda Barru, Abustan hadiri koordinasi Lintas Sektoral Untuk Implementasi Inovasi Penurunan Stunting di Hotel Youtefa, Kamis (22/9/2022). 

BARRU, TRIBUN-TIMUR.COM - Sekda Barru, Abustan  mengharapkan program USAID Erat dapat membantu Pemkab Barru dalam menurunkan angka stunting.

Hal itu Abustan sampaikan pada saat menjadi narasumber penguatan koordinasi Lintas Sektoral Untuk Implementasi Inovasi Penurunan Stunting di Kabupaten Barru, Kamis (22/9/2022).

Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Youtefa, Jl Jendral Sudirman, Kelurahan Coppo, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulsel.

Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi Pemkab Barru dan USAID Erat dalam menurunkan angka stunting.

"Diharapkan semua stakeholder dapat bersinergi, melaksanakan tugas sesuai tanggungjawab dan kewenangan masing-masing dalam menekan angka stunting di Barru," ujar Abustan.

Berdasarkan data SSGI 2021, stunting di Barru berada di angka 26,4 persen.

Pihaknya juga tak lupa mengucapkan terima kasih atas kolaborasi USAID Erat untuk melakukan pendampingan penurunan stunting di Barru.

"Kita berharap kerjasama ini dapat berjalan dengan lancar dan tentunya saling menguatkan dalam mencapai target program penurunan stunting di Barru," tandasnya.

Sementara Bunda Asuh Anak Stunting di Barru, Hasnah Syam yang turut hadir pada kegiatan tersebut turut mengapresiasi program penguatan koordinasi lintas sektor dalam Inovasi penurunan stunting.

"Menekan angka stuntung ini tentunya tidak segampang membalikkan telapak tangan. Untuk itu kita harus saling kerjasama," kata istri Bupati Barru dua priode ini.

"Penyebab utama dari stunting ini bukan hanya di dominasi oleh gizi buruk pada masa kehamilan. Namun, terdapat juga faktor sosial ekonomi, ketersediaan pelayanan kesehatan, sarana dan prasarana air bersih, serta fasilitas kesehatan lainnya," jelasnya.

Stunting adalah proses gagal tumbuh secara normal, baik itu tinggi ataupun berat badan bayi saat lahir dan pengaruhnya pada keterbatasan kecerdasan yang dialami anak-anak di dalam usia emas yakni 0-2 tahun. 

Target percepatan penurunan stunting nasional sebesar 14 persen pada tahun 2024 dan 0 persen pada tahun 2030.

Hal itu didukung oleh target percepatan penurunan stunting di Kabupaten Barru yaitu sebesar 11 persen pada tahun 2024 dengan rata-rata penurunan per tahun sebesar 5,13 persen.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved