Profil Eks Kadisdukcapil Parepare Adi Hidayah Saputra yang Dicopot Mendagri Usai Serang Taufan Pawe

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mencopot Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Kadisdukcapil Kota Parepare, Adi Hidayah Saputra.

Editor: Edi Sumardi
DOK DISDUKCAPIL KOTA PAREPARE
Mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Kadisdukcapil Kota Parepare, Adi Hidayah Saputra. Dia dicopot Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian karena posting-annya di media sosial. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mencopot Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Kadisdukcapil Kota Parepare, Adi Hidayah Saputra.

Pencopotan Adi Hidayah Saputra berdasarkan Surat Keputusan Mendagri Nomor 821.22-5424 Tahun 2022 tertanggal 12 September 2022.

Dia dicopot karena posting-annya di media sosial Facebook, aplikasi pesan instan WhatsApp, hingga disebar melalui virtual meeting Zoom yang dinilai menyerang kebijakan Wali Kota Parepare Taufan Pawe.

Posting-annya tersebut melanggar peraturan disiplin Aparatur Sipil Negara atau ASN.

Selain itu, dia juga tak patuh kepada atasan.

Kepala BKPSDMD Parepare, Adriani Idrus, Rabu (21/9/2022) mengatakan, "Ia diduga melakukan pelanggaran melakukan unggahan di media sosial hal-hal yang seyogyanya tidak boleh dilakukan oleh pejabat pimpinan tinggi pratama."

Sebenarnya kasus ini telah lama terjadi, namun SK pencopotan baru diterbitkan Mendagri.

Adi Hidayah Saputra, kata Adriani Idrus, telah diperiksa pada 19 Mei 2022 lalu.

Dari hasil pemeriksaan itu kemudian diusulkan pembebasan atau pemberhentian dalam jabatan pimpinan tinggi pratama melalui Gubernur Sulsel dengan nomor surat 800-1034-BKPSDMD tannggal 15 Juni 2022.

Terkait dengan aturan ASN bermedia sosial, Badan Kepegawaian Negara atau BKN pernah mengeluarkan edaran pada tahun 2018 lalu mengenai kategori pelanggaran disipli saat memasuki tahun politik menjelang Pemilu 2019.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved