Program SAFE4C

Lewat Program SAFE4C, Yayasan BaKTI dan Pemprov Sulsel Perkuat Lingkungan Aman dan Ramah Anak

Program SAFE4C bertujuan untuk memperkuat berbagai upaya dalam peningkatan kesejahteraan dan perlindungan anak.

Editor: Hasriyani Latif
Yayasan BaKTI
Yayasan BaKTI didukung oleh UNICEF Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan meluncurkan Program SAFE4C (Safe and Friendly Environment For Children) dan OCSEA (Online Child Sexual Exploitation and Abuse (OCSEA) di Hotel Maxone Makassar, Kamis (22/9/2022). SAFE4C bertujuan untuk memperkuat berbagai upaya dalam peningkatan kesejahteraan dan perlindungan anak. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Yayasan BaKTI didukung oleh UNICEF Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan meluncurkan Program SAFE4C (Safe and Friendly Environment For Children) dan OCSEA (Online Child Sexual Exploitation and Abuse (OCSEA) di Hotel Maxone Makassar, Kamis (22/9/2022).

Program Penguatan Lingkungan Aman dan Ramah bagi Anak atau SAFE4C bertujuan untuk memperkuat berbagai upaya dalam peningkatan kesejahteraan dan perlindungan anak.

Mulai di tingkat keluarga, desa/kelurahan dan kabupaten/kota yang mengedepankan partisipasi anak di setiap tingkatan.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan diharapkan akan berdampak pada perubahan cara pandang dan perilaku masyarakat dalam praktik parenting, peningkatan kapasitas kelembagaan pelayanan kesejahteraan sosial dan perlindungan anak.

Serta memberikan ruang kepada anak menjadi pelopor dan pelapor dalam isu perlindungan anak terutama menjadi teman sebaya dalam mempromosikan perilaku positif dan memberikan informasi layanan jika dibutuhkan.

Kemudian diharapkan juga tersedia kebijakan yang dituangkan dalam sebuah peraturan desa mengenai perlindungan anak berbasis masyarakat.

Program SAFE4C di Sulawesi Selatan berlokasi di empat kabupaten/kota, yakni Makassar, Gowa, Maros, dan Bulukumba. Kemudian diperluas di tiga kabupaten lain, yaitu Bone, Wajo, dan Luwu Utara.

Periode Program SAFE4C dimulai sejak Juli 2021-Februari 2023. Stakeholders kunci yang ada di tingkat provinsi, kabupaten, desa/kelurahan.

Mulai Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Sosial, Bappelitbangda maupun Bappeda, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemerintah Desa/Kelurahan, hingga Fasilitator masyarakat dan Fasilitator anak.

Adapun target atau sasaran program SAFE4C adalah 38 ribu orangtua/pengasuh yang memperoleh pelatihan Parenting dari Fasilitator Masyarakat dan secara khusus menargetkan 2.800 peserta di Kota Makassar.

Halaman
123
Sumber: Tribun Timur
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved