Ekspedisi Rupiah Berdaulat

Ekspedisi Rupiah Berdaulat, BI Bawa Uang Rupiah Baru Rp 2,2 Miliar ke 6 Pulau di Sulsel

Dalam Ekspedisi Rupiah Berdaulat yang menyasar enam pulau di Sulsel, BI membawa uang rupiah emisi terbaru RP 2,2 miliar.

Penulis: Rudi Salam | Editor: Hasriyani Latif
TRIBUN-TIMUR.COM/RUDI SALAM
Pelepasan Ekspedisi Rupiah Berdaulat Tahun 2022 oleh Bank Indonesia Sulsel bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut di Lantamal VI, Jl Yos Sudarso, Kota Makassar, Kamis (22/9/2022). Di ekspedisi kali ini, BI Sulsel membawa uang rupiah kertas baru emisi 2022 dengan berbagai pecahan dengan total Rp 2,2 miliar. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Bank Indonesia Sulawesi Selatan (BI Sulsel) menggelar Ekspedisi Rupiah Berdaulat Tahun 2022.

Pelepasan ekspedisi yang bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut ini digelar di Lantamal VI, Jl Yos Sudarso, Kota Makassar, Kamis (22/9/2022).

Hadir dalam pelepasan, Kepala BI Sulsel Causa Iman Karana, Komandan Lantamal VI Kolonel Marinir Amir Kasman, Staf Ahli Gubernur Sulsel Bidang Kesejahteraan Rakyat Suherman, dan tamu undangan lainnya.

Pelepasan ditandai dengan penyematan secara simbolis rompi ke tim ekspedisi rupiah berdaulat oleh Causa Iman Karana dan Kolonel Marinir Amir Kasman.

Ekspedisi akan berlangsung selama tujuh hari, mulai Kamis (22/9/2022) hingga Rabu (28/9/2022).

Ekspedisi menyasar enam pulau di Sulsel, Pulau Sarrapo Lompo, Pulau Kapoposang, Pulau Bonerate, Pulau Jampea, Pulau Rajuni, dan Pulau Pasi Gusung.

Di ekspedisi kali ini, BI Sulsel membawa uang rupiah kertas baru emisi 2022 dengan berbagai pecahan. Totalnya mencapai Rp 2,2 miliar.

Causa Iman Karana menjelaskan pengedaran uang rupiah di NKRI merupakan hal penting. 

Pasalnya, rupiah bukan saja sebagai alat transaksi pembayaran. Tetapi juga identitas dan alat pemersatu bangsa, serta menjadi salah satu simbol kedaulatan bangsa.

“Ini wajib dipenuhi, jangan sampai ada di wilayah kami yang beredar bukan uang rupiah,” jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved