Khazanah Islam

Bacaan Doa yang Diajarkan Nabi Muhammad SAW Agar Terlepas dari Jeratan Utang

Agar terhindar dari lilitan utang, sebagai umat Islam dianjurkan untuk selalu berdoa agar bisa lolos dari lilitan utang.

Editor: Muh. Irham
Tribunnews.com
Ilustrasai doa. Umat Islam dianjurkan agar selalu berdoa termasuk ketika terlilit utang 

TRIBUN-TIMUR.COM - Di era kekinian, tekologi digital makin menguasai kehidupan manusia. Masyarakat semakin dimanjakan dengan fitur-fitur yang memudahkan aktivitas.

Masyarakat saat ini bisa mendapatkan pinjaman hanya dengan memencet tombol di ponsel cerdasnya. Pinjaman online (pinjol) pun telah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Hanya saja, banyak Pinjol yang belakangan bermasalah karena ternyata memiliki bunga tinggi serta mekanisme penagihan yang tidak manusiawi.

Agar terhindar dari lilitan utang, sebagai umat Islam dianjurkan untuk selalu berdoa agar bisa lolos dari lilitan utang.

Berikut bacaan doa yang diajarkan Nabi Muhamamd SAW kepada umat Islam agar terlepas dari jeratan utang

Di dalam buku Kumpulan Doa Berdasarkan Alquran dan Sunah karya Sa'id Ali bin Wahf al-Qahthoni, terdapat hadis riwayat Tirmidzi mengenai doa yang dianjurkan. Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Allahumma-kfini bihalalika an haramika wa agniniy bifadhlika amman siwaka,". 

Yang artinya: "Ya Allah, cukupkanlah aku dengan rezekiMu yang halal (hingga aku terhidar) dari yang haram. Perkayalah aku dengan kenikmatanMu (hingga aku tidak meminta) kepada selainMu,". 

Doa serupa juga berdasarkan hadis, yakni yang diriwayatkan Imam Bukhari berbunyi:

"Allahumma inni audzubikaminalhammi walhuzni wal-ajzi walkasali walbakhli waljubni wadhalaiddini waghalabati arrijali,". 

Yang artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari yang menyedihkan dan menyusahkan, lemah dan malas, bakhil (pelit) dan penakut, utang yang menyibukkan dan laki-laki yang menindas,". 

Semoga dengan membaca doa-doa yang bersumber dari Rasulullah SAW ini, utang-utang yang kita pikul saat ini segera dapat dilunasi. Semoga Allah memberikan jalan dan membuka luas pintu rezeki halal bagi kita agar terhindar dari utang.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved