Citizen Reporter

Petani di Takalar Diajari Ubah Kulit Telur Jadi Pupuk Organik buat Tanaman Jagung

Pengabdian kepada Masyakarat bagi dosen pemula UMI ( Universitas Muslim Indonesia ) digelar di sekretariat Kelompok Tani Assamatur

Penulis: CitizenReporter | Editor: Edi Sumardi
CITIZEN REPORTER/SYAMSUL BAKHRI
Penyerahan secara simbolis pupuk organik dari limbah kulit telur kepada Kelompok Tani Assamatur, Desa Paddinging, Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan ( Sulsel ), Senin (19/9/2022). Ini merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian kepada Masyakarat bagi dosen pemula UMI ( Universitas Muslim Indonesia ). 

Ir Syamsul Bakhri ST MT

Dosen Teknik Kimia FTI UMI

Melaporkan dari Makassar, Sulsel

KEGIATAN Pengabdian kepada Masyakarat bagi dosen pemula UMI ( Universitas Muslim Indonesia ) digelar di sekretariat Kelompok Tani Assamatur, Desa Paddinging, Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan ( Sulsel ), Senin (19/9/2022).

Sebanyak 25 petani dan tokoh masyarakat hadir.

Pelaksanaan PKM mengusung tema “PKM Pemanfaatan Limbah Kulit Telur Menjadi Pupuk Organik, Pengelolaan Hasil Panen, dan Penggunaan Media Digital dalam Pemasaran Produk pada Kelompok Tani di Desa Paddinging Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar”.

Saya menemukan betapa banyak limbah kulit telur di desa ini yang dibuang begitu saja sehingga perlu adanya pemahaman Iptek kepada masyarakat tentang betapa besar manfaat kulit telur jika diolah.

Salah satu hasil olahan pemanfaatan limbah kulit telur adalah pupuk organik.

Pupuk organik yang dihasilkan dari limbah kulit telur bersifat suplemen dalam proses cocok tanam jagung atau tanaman lainnya.

Bahkan pupuk organik dari limbah kulit telur ini bisa dijadikan pupuk utama jika pupuk urea dan pupuk NPK hilang di pasaran atau memiliki harga yang sangat mahal.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved