Kesibukan Andikpas LPKA Maros, Diajari Cara Tanam Sayur-sayuran hingga Merawat dengan Benar

Mereka menanam berbagai jenis sayur-sayuran. Hasil kebun yang sudah dipanen dikonsumsi warga binaan hingga dijual.

Editor: Ansar
LPKA Maros
Andikpas LPKA Maros merawat tanaman di kebun. Mereka menanam berbagai jenis sayur-sayuran. Hasil kebun yang sudah dipanen dikonsumsi warga binaan hingga dijual. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Anak Didik Pemasyarakatan atau Andikpas Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Maros diajari cara berkebun dan merawat tanaman.

Selain salat dan olahraga, Andikpas Maros juga disibukkan dengan berkebun di area Lapas.

Mereka menanam berbagai jenis sayur-sayuran. Hasil kebun yang sudah dipanen dikonsumsi warga binaan hingga dijual.

Kepala LPKA Maros Tubagus M Cahidir menyebut brand gang sebagai nama kebun yang digarap para anak yang menjadi binaannya.

"Ini merupakan bagian dari pembinaan kami terhadap anak-anak. Mereka kami ajari cara menanam dan merawat tanaman dengan baik," kata Tubagus, Kamis (21/9/2022).

"Sehingga saat warga binaan tersebut bebas, sudah bisa bercocok tanam dengan kemampuan yang dimilikinya selama berada di LPKA,"lanjut Chaidir.

Berkebun adalah salah satu cara untuk menjalankan amanah Undang-undang Sistem Peradilan Pidana Anak tepatnya pada Pasal 85 yang berbunyi 'Khusus soal anak dalam LPKA (anak yang dijatuhkan pidana penjara), mereka berhak memperoleh pembinaan, pembimbingan, pengawasan, pendampingan, pendidikan dan pelatihan, serta hak lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan".

"Sehingga setiap LPKA wajib menyelenggarakan pendidikan, pelatihan keterampilan, pembinaan, dan pemenuhan hak lain, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan mendapatkan pengawasan oleh Balai Pemasyarakatan," kata Tubagus.

"Pada kegiatan kali ini, Andikpas melakukan pengecekan dan perawatan pada tanaman yang sedang tumbuh seperti tanaman tomat, terong dan sayur kangkung," kata dia.

LPKA Maros akan terus memberikan ruang dan tenaga pengajar untuk Andikpas supaya mahir berkebun.

"Kami sudah sediakan tenaga pengajar dan ruang untuk mereka belajar berkebun," kata Tubagus.

Dia berhadap, dengan adanya kegiatan pembinaan di bidang perekebunan, turut menambah keterampilan bagi Andikpas.

"Sehingga ketika mereka bebas, mereka mampu mengaktualisasikan setiap ilmu yang didapatkan di LPKA Maros," lanjut Tubagus.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved