Hipertensi

Buat Penderita Hipertensi, Ini 8 Tips Agar Tekanan Darah Anda Tetap Normal

Penyakit hipertensi adalah penyakit berbahaya yang harus dihindari. Penyakit ini bisa memicu penyakit lain yang lebih berbahaya seperti stroke

Editor: Muh. Irham
Thinkstockphotos
Ilustrasi cek tekanan darah tinggi atau hipertensi. Penyakit hipertensi bisa menimbulkan penyakit lain yang lebih berbahaya seperti jantung dan stroke 

TRIBUN-TIMUR.COM - Salah satu penyakit yang sering diderita masyarakat Indonesia adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Hipertensi ditandai dengan tingginya tekanan darah saat diukur menggunakan tensimeter. Jika dibiarkan terus menerus, penyakit ini bisa menimbulkan penyakit lain yang lebih berbahaya.

Penyakit yang bisa ditimbulkan seperti pembuluh darah pecah, stroke, dan penyakit jantung. 

Sebelum penyakit ini menghinggapi Anda, ada baiknya memperhatikan beberapa tips di bawah ini agar tekanan darah Anda tetap normal.

Merangkum dari situs Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Ners Unair), berikut ini beberapa tips menurunkan tekanan darah tinggi.  

1. Olahraga teratur

Olahraga dapat memperkuat otot jantung, sehingga tekanan pada pembuluh darah berkurang dan aliran darah menjadi lebih lancar. 

Agar tetap bugar, Anda disarankan untuk berolahraga selama 30 menit, sebanyak 3-4 kali per minggu. Jika tidak punya waktu untuk berolahraga, tidak apa-apa asalkan tetap aktif bergerak.

Contohnya, menyempatkan diri berjalan kaki, menaiki tangga, atau bahkan membereskan rumah.

2. Berhenti merokok

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved