Tanggapan Sekda Sulsel Soal Rencana Pemerintah Batalkan Kebijakan Penghapusan Honorer 2023

Menurutnya belum ada kepastian dari pusat terkait pembatalan kebijakan penghapusan honorer pada 2023.

Penulis: Wahyudin Tamrin | Editor: Hasriyani Latif
dok pribadi
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Selatan Abdul Hayat Gani. Bersama BKD Sulsel, Sekda Sulsel sementara membahas perihal wacana pembatalan penghapusan honorer 2023. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pemerintah pusat berencana membatalkan penghapusan honorer atau non Aparatur Sipil Negara (ASN) pada 2023 mendatang.

Wacana ini menindaklanjuti keresahan pemerintah daerah terhadap rencana tersebut.

Wacana penghapusan honorer telah tertuang dalam PP No 49 tahun 2018 dan yang terbaru lewat surat edaran nomor B/185/M.SM.02.03/2022, yang diteken MenPAN-RB sebelumnya, almarhum Tjahjo Kumolo pada 31 Mei 2022.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Selatan Abdul Hayat Gani mengaku sementara membahas bersama Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel.

Menurutnya belum ada kepastian dari pusat terkait pembatalan kebijakan penghapusan honorer pada 2023.

"Saya sudah ngomongin ini bersama BKD dan belum ada informasi yang real tentang itu," katanya saat ditemui Tribun-Timur.com di Rujab Gubernur Sulsel, Selasa (20/9/2022).

Ia juga menyebutkan ada beberapa poin yang memiliki resistensi.

"Semua SK kan itu biasa tertulis apabila dikemudian hari terdapat kesalahan maka akan diperbaiki. Saya kira biasa saja," ujarnya.

Untuk diketahui, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas membuka peluang untuk membatalkan kebijakan penghapusan honorer pada 2023.

Ini jadi kabar gembira buat para tenaga honorer yang saat ini mungkin sedang harap-harap cemas dengan rencana penghapusan honorer.

Keputusan ini diambil karena adanya keberatan dari sejumlah pemerintah daerah (Pemda).(*)

Sumber: Tribun Timur
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved