PSM Makassar

Penasaran Apa yang Diucapkan Wiljan Pluim ke Wasit Zetman Pangaribuan? Ini Kata Appi

Hingga saat ini, tak ada penjelasan resmi baik dari Komdis PSSI maupun dari PT LIB mengenai apa yang diucapkan Pluim kala itu.

Editor: Muh. Irham
Twitter
Aksi kapten PSM Makassar Wiljan Pluim berusaha melewati pemain Persik Kediri di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur. Pada pertandingan itu, Pluim mendapat kartu merah dan dilarang bermain sebanyak lima kali 

TRIBUN-TIMUR.COM - Banyak yang penasaran apa sebenarnya yang diucapkan Wiljan Pluim kepada wasit Zetman Pangaribuan saat pertandingan Persik Kediri vs PSM Makassar di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, Jumat (2/9/2022) lalu.

Hingga saat ini, tak ada penjelasan resmi baik dari Komdis PSSI maupun dari PT LIB mengenai apa yang diucapkan Pluim kala itu.

Namun Direktur Utama PSM Makassar Munafri Arifuddin mengatakan, kala itu, Pluim mengeluarkan kata-kata yang menghina wasit.

"Itu kan Willy (Wiljan Pluim) pakai bahasa inggris ucapannya setelah dikasih kartu kuning itu. Cuman wasit itu terprovokasi oleh pemain asing (Persik Kediri) yang ada di situ," kata Munafri, Selasa (20/9/2022).

Menurut Appi, apa yang diucapkan Pluim tersebut tak bisa dibenarkan. Namun, menurutnya, Pluim mengeluarkan kata-kata hinaan itu secara spontan setelah diberi kartu kuning.

"Coba lihat (video) rekamannya, kita lihat ada juga pemain asing (Persik) Kediri yang memperjelas itu (ke wasit)," jelasnya.

"Jadi bukan untuk menghina wasit, yah mungkin refleks dia ucapkan itu. Dia (Wiljan Pluim) kesal terhadap dirinya dan kesal kenapa dikasih kartu begini," terang Appi.

Sanksi untuk Pluim diberikan oleh Komdis PSSI setelah mendapat laporan dari perangkat pertandingan yang memimpin laga Persik Kediri vs PSM Makassar.

Atas pelanggaran tersebut, Komdis PSSI menjatuhkan sanksi larangan bermain sebanyak lima kali kepada kapten PSM Makassar tersebut. Dua laga di antaranya telah dilalui yakni melawan Persebaya Surabaya dan melawan Dewa United.

Saat menghadapi Persis Solo, Kamis (29/9/2022) nanti, Pluim dipastikan tidak akan bermain.

Pluim baru bisa main saat PSM Makassar bertemu Barito Putera pada, Senin (3/10/2022) mendatang. Pertandingan ini tidak masuk dalam masa hukuman Pluim karena merupakan laga tunda saat PSM Makassar berlaga di final AFC Cup 2022/2023 zona Asean.

Ada Regulasinya

Sementara Ketua Komdis PSSI, Erwin Tobing mengatakan, dalam regulasi PSSI, terdapat regulasi yang melarang pemain menghina wasit.

"Itu ada regulasinya. Menghina wasit itu tidak boleh. Jadi semua itu ada diatur dengan kode disiplin. Kita tidak ngarang-ngarang," kata Erwin Tobing.

Kendati demikian, Erwin tidak membeberkan, perkataan apa yang diucapkan Wiljan Pluim sehingga dinilai menghina wasit. Termasuk batasan-batasan perkataan yang seharusnya dilarang diucapkan pemain dan ofisial klub ke perangkat pertandingan.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved