Mengenal Street Soccer, Olahraga yang Kini Populerkan di Sulsel

Tahun 2011 Perssoci sudah ikut dalam ajang Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) di Gelora Bung Karno, Senayan, DKI Jakarta.

Penulis: Kaswadi Anwar | Editor: Saldy Irawan
TRIBUN-TIMUR.COM/KASWADI
Ketua Umum Pengprov Perssoci Sulsel saat hadir sebagai narasumber dalam bincang komunitas Tribun Timur dengan tema Mempopulerkan Street Soccer, Senin (19/9/2022). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR – Dunia olahraga terus berkembang, sejumlah inovasi dan perkembangan terus terjadi di beberapa bidang olahraga, termasuk sepak bola.

Kini ada street soccer. Olahraga ini populer di Amerika Latin, seperti Argentina dan Brazil. Namun, street soccer di negara tersebut benar-benar bermain bola jalanan, tanpa sepatu dan bola apapun.

Street soccer kini di modifikasi. Di Indonesia street soccer diprakarsai  oleh Muhammad Jaelani Saputra tahun 2000. Dibuatlah organisasi yang menaungi street soccer, yaitu Perkumpulan Street Soccer Indonesia (Perssoci).

Tahun 2011 Perssoci sudah ikut dalam ajang Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) di Gelora Bung Karno, Senayan, DKI Jakarta.

Perssoci baru menjadi anggota penuh FORMI (kini, Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) tahun 2015.

Dari situ Perssoci mulai melebarkan sayap ke beberapa provinsi, termasuk sekarang di Sulsel. Pengurus Provinsi (Pengprov) Perssoci Sulsel terbentuk pada November 2021.

Pengrov Perssoci Sulsel urutan ke-12 terbentuk dari 26 provinsi di Indonesia.

Hal ini diutarakan Ketua Umum Pengprov Perssoci Sulsel, Akmal Asnawai dalam bincang Komunitas Tribun Timur dengan tema Populerkan Street Soccer, Seni (19/9/2022).

“Pengprov Perssoci Sulsel menjadi Pengprov ke-12 yang terbentuk dari 26 Pengrov Perssoci yang telah tebentuk,” katanya.

Akmal menuturkan, perkembanngan street soccer di Sulsel cukup bagus. Sudah ada dua pengurus cabang (Pengcab) Kabupaten/Kota terbentuk. Sembilan Pengcab Kabupaten/Kota menyusul, sisa menunggu surat keputusan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved