Gunakan Film Sebagai Media Pembelajaran, Cara KGSB dan BesiBerani Tingkatkan Literasi

Ruth Andriani menjelaskan, pemilihan Film Pesantren dalam kegiatan Alteraksi  ini karena salah satu pesan toleransi yang diusungnya.

Penulis: Rudi Salam | Editor: Waode Nurmin
Komunitas Guru Satkaara Berbagi (KGSB)
Alteraksi Pesantren yang dihadirkan KGSB dan BesiBerani di Jakarta pada Sabtu, (17/9/2022). Acara ini diikuti oleh anggota guru KGSB guna meningkatkan literasi melalui media film sebagai metode pembelajaran.  

TRIBUN-TUMUR.COM - Komunitas Guru Satkaara Berbagi (KGSB) dan BesiBerani berupaya tingkatkan literasi di dunia pendidikan dengan menggunakan film sebagai media pembelajaran para guru.

Upaya tersebut dilakukan melalui kegiatan ‘Alteraksi Pesantren’, berbarengan dengan peresmikan Klub Literasi KGSB yang diketuai Guru BK SMPN 40 Jakarta Ninik Febriani, S.Pd Kons C.Ht, Sabtu (17/9/2022).

Peserta Alteraksi Pesantren ini adalah para anggota KGSB, terdiri dari para guru PAUD hingga SMA.

Aktivitas literasi yang dilakukan menggunakan metode Alteraksi dengan film Pesantren sebagai materi pemantik.

Alteraksi sendiri merupakan sebuah program yang menggunakan film dan metode fasilitasi sebagai alat bantu untuk membicarakan sekaligus mengalami beragam opini.

Juga pandangan, perasaan, dan pemikiran mengenai persoalan keragaman, keadilan, dan inklusi sosial dalam hidup sehari-hari.

Film Pesantren adalah sebuah film dokumenter Panjang karya Shalahuddin Siregar yang dibuat dengan pendekatan observasional.

Film ini mengajak penonton menyelami kehidupan para penghuni Pondok Kebon Jambu Al-Islamy, salah satu pondok pesantren terbesar di Kabupaten Cirebon.

Menariknya, institusi pendidikan tradisional yang memiliki 2000an santri ini dipimpin oleh seorang ulama perempuan.

Santri di Pondok Kebun Jambu dididik untuk menghargai dan mengasihi semua ciptaan Allah tanpa terkecuali.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved