Bawaslu Tana Toraja Kawal Verivikasi Administrasi Pemilu 2024, Ini Agendanya

Ketua Bawaslu Tana Toraja, Serni Pindan mengatakan saat ini tim Bawaslu sedang fokus untuk meningkatkan kualitas SDMnya. 

Penulis: Kristiani Tandi Rani | Editor: Saldy Irawan
TRIBUN-TIMUR.COM/KRISTIANI TANDI RANI
Suasana di kantor Bawaslu Tana Toraja. Minggu (18/9/2022). 

TRIBUN-TIMUR.COM, TORAJA - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tana Toraja, memasuki tahapan pendaftaran dan verivikasi peserta pemilu. 

Ketua Bawaslu Tana Toraja, Serni Pindan mengatakan saat ini tim Bawaslu sedang fokus untuk meningkatkan kualitas SDMnya. 

"Kalau mengenai kesiapan, dari 2021 sampai saat ini kami lebih fokus kepada peningkatan SDM internal kami," katanya. 

Serni Pindan mengatakan mengenai tahapan saat ini objek pengawasan utama Bawaslu adalah pendaftaran dan verivikasi administrasi partai politik. 

"Tahapan yang berjalan saat ini dan menjadi objek pengawasan kami, yaitu tahapan pendaftaran dan verivikasi administrasi partai politik peserta pemilu," ujarnya, Minggu (18/9/2022). 

Bawaslu bekerjasama dengan KPU mengawal tahapan perbaikan yang dilakukan oleh partai politik, dimana tahapannya kini partai politik fokus memperbaiki kekurangan di sipol. 

"Habis itu kami melakukan pengawasan secara langsung di KPU, namun saat inikan partai politik di pusat itu melakukan perbaikan di Sipol terhadap data hasil verivikasi administarasi KPU Kabupaten," ucapnya. 

Menurut temuan yang didapatkan dalam pengawasan, masih ada beberapa berkas yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan Belum Memenuhi Syarat (BMS). 

"Disitu ditemui status TMS dan BMS, itulah yang diperbaiki oleh partai politik untuk saat ini," tuturnya pada Tribun Timur. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved