Bawaslu Tana Toraja Bakal Libatkan Peran Pers Dalam Pemilu 2024

Pers memiliki peranan yang besar untuk proses pemberitaan khususnya terkait informasi tahapan terkini Bawaslu kedepannya. 

Penulis: Kristiani Tandi Rani | Editor: Saldy Irawan
TRIBUN-TIMUR.COM/KRISTIANI TANDI RANI
Suasana di kantor Bawaslu Tana Toraja. Minggu (18/9/2022).    

TRIBUN-TIMUR.COM, TORAJA - Peran pers sebagai salah satu pilar dalam demokrasi di Indonesia, memiliki peran yang besar, terutama dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang. 

Hal ini disampaikan oleh Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tana Toraja, Serni Pindan saat ditemui di ruangannya Jalan Tongkonan Ada', Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Minggu (18/9/2022). 

"Kehadiran pers itu kita butuh, khususnya dalam hal mengedukasi masyarakat," katanya. 

Ketua Bawaslu Kabupaten Tana Toraja ini berharap pers mampu menjalankan fungsinya sebagai kontrol sosial dalam pemberitaan. 

"Kehadiran pers ini kita harapkan untuk mendukung pemilu yang baik, apalagi dalam menjaga ketertiban juga nantinya," harapnya. 

Pers memiliki peranan yang besar untuk proses pemberitaan khususnya terkait informasi tahapan terkini Bawaslu kedepannya. 

"Bagaimana pers ini bisa memberikan informasi khususnya sekaitan dengan tahapan, dan juga hal-hal yang berkaitan dengan terciptanya pemilu yang berkualitas ini," jelasnya pada Tribun Timur. 

Menurut Serni Pindan, pemilu adalah sebuah ajang persaingan antar penguasa untuk memperoleh kekuasaan. 

"Kita tidak bisa pungkiri kalau pemilu ini adalah sebuah ajang dimana pemimpin memperebutkan kekuasaan," tutur ketua Bawaslu Tana Toraja ini. 

Kecurangan dalam pemilu adalah sebuah hal yang tidak bisa dipungkiri, disinilah letak peran pers sebagai media edukasi kepada masyarakat khususnya dalam mengawal kecurangan itu. 

Meskipun kita selalu mengusahakan yang positif, tapi selalu ada kecurangan-kecurangan. Sekaitan dengan kecurangan itulah yang menjadi peran kita untuk mengedukasi masyarakat," ujar Serni Pindan. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved