Teliti Sagu Tana Luwu, Dosen UNCP Palopo Raih Gelar Doktor di IPB Bogor

Masluki menyandang doktor setelah mampu mempertahankan disertasi berjudul 'Keragaman Morfologi, Produksi, Genetik dan Kimia Pati Sagu di Tana Luwu.

Penulis: Chalik Mawardi | Editor: Hasriyani Latif
dok pribadi
Masluki (ketiga kiri) seusai sidang promosi terbuka Program Doktor Institut Pertanian Bogor (IPB) di Departemen Agronomi dan Hortikultura Faperta, IPB, Bogor, Rabu (14/9/2022). Masluki menyandang gelar doktor setelah mampu mempertahankan disertasi berjudul 'Keragaman Morfologi, Produksi, Genetik dan Kimia Pati Sagu di Tana Luwu Provinsi Sulawesi Selatan'. 

TRIBUNPALOPO.COM, WARA - Dosen Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) Masluki berhasil meraih gelar doktor di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Masluki menyandang gelar doktor setelah mampu mempertahankan disertasi berjudul 'Keragaman Morfologi, Produksi, Genetik dan Kimia Pati Sagu di Tana Luwu Provinsi Sulawesi Selatan'.

Pada sidang promosi terbuka Program Doktor IPB di ruang sidang 1 dan 2 Departemen Agronomi dan Hortikultura Faperta, IPB, Bogor, Rabu (14/9/2022).

Dalam penelitiannya, Masluki dibimbing oleh ahli sagu dunia Prof Bintoro selaku ketua komisi promotor.

Serta Herdhata Agusta dan Prof Sudarsono, masing-masing bertindak sebagai anggota komisi promotor.

Dalam keterangannya, Masluki menguraikan lima temuan baru terkait komoditas sagu Tana Luwu yang diharapkan dapat berkontribusi terhadap kemajuan persaguan di Indonesia.

"Sagu merupakan salah satu pangan strategis masa depan yang potensial dalam memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri bahkan dunia," kata Masluki dalam rilis yang diterima Tribun-Timur.com, Jumat (16/9/2022).

Tana Luwu menjadi sentra komoditas sagu di Sulsel dengan luas areal 3.598 ha.

Produksi sagu sangat beragam terkait jenis, habitat dan teknik budidayanya. 

Produksi sagu di Kabupaten Luwu Utara dapat mencapai > 250 kg pati kering pohon-1 dan mencapai 400 kg pohon-1 di Kabupaten Luwu.

Halaman
123
Sumber: Tribun Timur
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved