Program Rutilahu

Kabar Baik, 77 Rumah di Kabupaten Maros Dapat Bantuan Bedah Rumah Lewat Program Rutilahu Baznas

Program Rutilahu merupakan program untuk membantu meringankan beban pemerintah daerah dalam menuntaskan kemiskinan.

Penulis: Nurul Hidayah | Editor: Hasriyani Latif
TRIBUN-TIMUR.COM/NURUL HIDAYAH
Bupati Maros Chaidir Syam bersama Baznas Maros foto bersama usai FGD bertajuk 'Kemiskinan Salah Siapa' di Ruang Pola Kantor Bupati Maros, Jl Jend Sudirman, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Jumat (16/9/2022). Dalam pertemuan ini terungkap sebanyak 77 rumah warga Kabupaten Maros akan mendapatkan bantuan bedah rumah atau Tinggal Layak Huni (Rutilahu). 

TRIBUNMAROS.COM, MAROS - Sebanyak 77 rumah warga Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan akan mendapatkan bantuan bedah rumah atau Tinggal Layak Huni (Rutilahu).

Hal ini disampaikan oleh Ketua Baznas Maros Said Pattombongi di Ruang Pola Kantor Bupati Maros, Jl Jend Sudirman, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Jumat (16/9/2022).

Ia mengatakan 77 rumah ini tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Maros.

"Ini pembagiannya rata di 14 kecamatan. Jadi sudah ada data dari 103 daftar calon penerimanya namun kita masih akan survei dan scoring yang mana saja yang perlu diprioritaskan," ucapnya.

Persyaratan untuk mengikuti Program Rutilahu, yakni tergolong fakir miskin, kondisi rumah tidak layak, status kepemilikan sendiri.

Biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi satu rumah berkisar Rp 30 juta - Rp 35 juta.

"Jadi di FGD kemarin kita sudah melelang, jadi dari Baznas itu menggunakan dana zakat infaq, kami akan merenovasi sekitar 20 sampai 30 rumah, sisanya akan ditanggung oleh perusahaan filantropi melalui program CSR," sebutnya.

Program Rutilahu merupakan program untuk membantu meringankan beban pemerintah daerah dalam menuntaskan kemiskinan. 

"Mengapa rumah, sebab rumah menjadi tempat kita untuk kembali beristirahat. Tempat kita untuk kembali memikirkan apa yang akan kita kerjakan esok hari. Jika masyarakat kita sudah memiliki tempat tinggal yang layak, mereka akan lebih produktif," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Maros Chaidir Syam berharap Forkopimda, ketua Ormas Islam, kepala CSR turut membantu mewujudkan renovasi 77 rumah. 

Bisa melalui penyaluran infaq dan sedekah di Baznas ataupun ingin langsung memberikan bantuan dana pada program mewujudkan 77 Rutilahu.

"Angka 77 rumah ini sebenarnya masih memperingati HUT ke-77 RI. Jika kita bergerak bersama, tidak mustahil angka ini bisa meningkat jadi 770 rumah," sebutnya.

Ia berharap melalui program Rutilahu ini semakin banyak masyarakat yang bisa memperoleh rumah layak huni.

"Terima kasih kepada Baznas yang telah menginisiasi program ini. Kami berharap semakin banyak warga yang bisa memperoleh rumah layak huni dan tentunya nyaman," tutupnya.(*)

Sumber: Tribun Timur
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved