100 Pekerja Konstruksi Uji Sertifikasi, Muhammad Fauzi: Jangan Kalah dengan Tenaga Kerja Asing

Anggota DPR RI Muhammad Fauzi membuka pelatihan dan uji sertifikasi tenaga kerja konstruksi di Hotel Bukit Indah, Masamba, Luwu Utara, Selasa (13/9).

Penulis: Siti Aminah | Editor: Abdul Azis Alimuddin
handover
Anggota DPR RI Muhammad Fauzi membuka pelatihan dan uji sertifikasi tenaga kerja konstruksi di Hotel Bukit Indah, Masamba, Luwu Utara, Selasa (13/9/2022). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Anggota DPR RI Muhammad Fauzi membuka pelatihan dan uji sertifikasi tenaga kerja konstruksi di Hotel Bukit Indah, Masamba, Luwu Utara, Selasa (13/9/2022).

Kegiatan digelar Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar Kementerian PUPR dan diikuti 100 pekerja.

Pelatihan dan uji sertifikasi ini terlaksana atas aspirasi Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Muhammad Fauzi.

Abang Fauzi, sapaannya berharap, kegiatan ini dapat menghasilkan tenaga kerja konstruksi yang handal dan siap pakai.

Tenaga kerja konstruksi saat ini harus bersertifikasi sebagai persyaratan pelaksanaan pekerjaan.

“Alhamdulillah, kita dapat melakukan kegiatan ini secara gratis tanpa dipungut biaya. Seluruh peserta akan mendapatkan sertifikat,” kata Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Fauzi itu.

Baca juga: Terletak di Segitiga Emas, Muhammad Fauzi Harap Sirkuit Lodang Seko Luwu Utara Jadi Wisata Otomotif

Sertifikat kompetensi, kata Fauzi menjadi penting agar pekerja jasa konstruksi bisa bersaing dengan tenaga kerja asing (TKA) yang memiliki keahlian.

“Jangan kalah dan takut bersaing TKA. TKA yang masuk ke Indonesia, salah satu persyaratan adalah sertifikat kompetensi, jika kita telah mengikuti pelatihan ini dan telah mendapat sertifikat, maka ini kesempatan kita agar dapat bersaing,” Fauzi menambahkan.

Sementara Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani dalam sambutannya mengatakan, peluang tenaga kerja lokal yang telah tersertifikasi akan semakin terbuka ke depan.

“Maka kita juga akan memiliki peluang untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Olehnya itu, saya berharap agar seluruh peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh,” katanya.

Kegiatan pembekalan dan uji sertifikasi tenaga kerja konstruksi ini merupakan program Direktorat Bina Jasa Konstruksi Kementerian PUPR. Kegiatan dilaksanakan 13-14 September 2022.

Selain Anggota DPR RI Muhammad Fauzi dan Bupati Luwu Utara, kegiatan ini juga dihadiri oleh Direktur Kompetensi dan Produktivitas Konstruksi kementerian PUPR Dedy Natrifahrizal Dedisky Nazaroeddin.

Ketua DPRD Luwu Utara, Wakil Bupati Luwu Utara dan Sekretaris Daerah Luwu Utara.

Hadir secara virtual, kepala balai jasa konstruksi wilayah VI Makassar.(*)

Sumber: Tribun Timur
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved