Datu dan Bupati Luwu Hadiri Pengukuhan Ma'dika Ulusalu

Datu Luwu, La Maradang Mackulau Opu To Bau menghadiri pengukuhan Ma'dika Ulusalu, La Tandi Allo Campawa Pasande di Desa Kadundung.

Penulis: Chalik Mawardi | Editor: Sukmawati Ibrahim
Kominfo Luwu
Foto bersama usia pengukuhan Ma'dika Ulusalu, La Tandi Allo Campawa Pasande di Desa Kadundung, Kecamatan Latimojong, Luwu, Sulsel, Sabtu (10/9/2022). 

TRIBUNLUWU.COM, LATIMOJONG - Datu Luwu, La Maradang Mackulau Opu To Bau menghadiri pengukuhan Ma'dika Ulusalu, La Tandi Allo Campawa Pasande di Desa Kadundung, Kecamatan Latimojong, Luwu, Sulsel, Sabtu (10/9/2022).

Selain Datu atau Raja Luwu, Bupati Luwu Basmin Mattayang juga hadir pada pelantikan itu.

Hadir pula Ketua DPRD Luwu, Rusli Sunali beserta sejumlah kepala organisasi perangkat daerah, tokoh adat, dan tokoh masyarakat.

Kehadirnan mereka menunjukkan eksistensi adat masih terjaga di Luwu.

Pengukuhan Ma'dika Ulusalu dilakukan dengan serangkaian ritual adat melalui upacara.

Diawali dengan penyambutan To Papoatae Datu Luwu dan Bupati Luwu Siambe Basmin Mattayang.

Basmin Mattayang saat sambutan mengungkapkan keterlibatan tokoh adat dan tokoh masyarakat menjadi salah satu kunci penting dalam tatanan pengelolaan pemerintahan.

Menurutnya kalau pemerintah mau kuat maka tokoh adat harus terlibat di dalam menyumbangkan tenaga dan pikirannya untuk kepentingan masyarakat.

"Kita lihat dari tiga kabupaten dan satu kota (Tana Luwu) mudah-mudahan hari ini adalah saksi buat kita semua begitu masyarakat Luwu menjunjung tinggi nilai-nilai budaya," katanya.

"Menjunjung tinggi nilai-nilai peradaban dengan satu tujuan bahwa tokoh adat dan masyarakat adat adalah mitra pemerintah."

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved