Pemilu 2024

Sebagian Besar Anggota Ganda Eksternal Parpol Tak Penuhi Panggilan Klarifikasi KPU Maros

Sebagian besar anggota partai politik yang diundang tidak memenuhi panggilan klarifikasi ganda eksternal parpol calon peserta Pemilu 2024.

Penulis: Nurul Hidayah | Editor: Hasriyani Latif
TRIBUN-TIMUR.COM/NURUL HIDAYAH
Ketua Bawaslu Maros Sufirman. Sufirman menyebutkan dari 181 anggota partai yang diundang, hanya 18 yang memenuhi panggilan. 

TRIBUNMAROS.COM, MAROS - Sebagian besar anggota partai politik yang diundang tidak memenuhi panggilan klarifikasi ganda eksternal parpol calon peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU Maros.

Ketua Bawaslu Maros, Sufirman, Jumat (9/9/2022) mengatakan hal tersebut diketahui dari hasil pengawasan melekat yang dilakukan jajaran Bawaslu Maros terhadap proses klarifikasi ganda eksternal keanggotaan partai politik calon peserta pemilu 2024 untuk memastikan pelaksanaannya sesuai dengan PKPU Nomor 4 Tahun 2022.

"Setelah diberikan masa klarifikasi, sebagian besar anggota ganda eksternal partai politik yang diundang tidak datang memenuhi panggilan KPU," ucapnya.

Ia menyebutkan dari 181 anggota partai yang diundang, hanya 18 yang memenuhi panggilan. Sementara sisanya mangkir.

"Jumlah 181 anggota ganda eksternal partai politik yang diundang menghadiri klarifikasi tersebut, tersebar di 13 partai politik calon peserta pemilu 2024," sambungnya.

Sufirman menerangkan dalam masa tindak lanjut hasil verifikasi administrasi, parpol diberikan kesempatan untuk melakukan pengunggahan surat pernyataan anggota yang ganda.
 
"Parpol masih dibwri kerempatan untuk mengunggah surat pernyataan anggota yang ganda dengan keanggotaan parpol lain ke dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol)," katanya.

Namun setelah tindak lanjut, ternyata parpol yang bersangkutan dengan anggota tersebut masih belum dapat memberikan bukti kebenaran atau terdapat surat pernyataan di lebih dari satu parpol maka statusnya tetap ganda. 

"Seharusnya satu anggota hanya meng-upload satu surat pernyataan, hanya saja tertera di Sipol ada anggota parpol yang memiliki surat pernyataan di lebih dari satu partai," ungkapnya.

Sehingga proses dilanjutkan ke tahap klarifikasi dan memanggil sejumlah anggota berstatus ganda.  

"Sehingga parpol diundang untuk menghadirkan anggota yang memilik surat pernyataan untuk diklarifikasi dalam rangka mendengar langsung dan memastikan di parpol mana sebenarnya anggota tersebut," tutupnya.

Sufirman mengatakan di Kabupaten Maros, Parpol wajib memenuhi jumlah anggota 389 orang.

Angka ini diambil dari perhitungan satu per seribu jumlah warga Maros.

"Jumlah tersebut diambil dari satu per seribu warga Maros, jadi kalau kurang dari 389 berarti tidak memenuhi syarat keanggotaan," tutupnya.(*)

Sumber: Tribun Timur
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved