Kementan

Kementan Berikan Edukasi di Masyarakat Guna Tingkatkan Produksi Jagung Lewat Sosialisasi Propaktani

Arnen Sri Gemala mengikuti webinar Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Propaktani di Jakarta, Kamis (8/9/2022).

Editor: Content Writer
Dok Kementan
Kementerian Pertanian (Kementan) terus memberikan edukasi pada masyarakat mengenai strategi pemenuhan kebutuhan jagung nasional lewat bimbingan teknis dan sosialisasi Propaktani. 

PERWAKILAN Direktorat Serealia, Ditjen Tanaman Pangan Kementan, Arnen Sri Gemala mengikuti webinar Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Propaktani di Jakarta, Kamis (8/9/2022).

Disampaikan pula bahwa Kementerian Pertanian (Kementan) terus memberikan edukasi pada masyarakat mengenai strategi pemenuhan kebutuhan jagung nasional lewat bimbingan teknis dan sosialisasi Propaktani.

Hal ini dilakukan untuk menemukan solusi dalam meningkatkan produksi jagung hingga ekspor.

Kebijakan mengenai percepatan pengembangan jagung telah disiapkan dengan menyiapkan sejumlah strategi pengembangan jagung menuju swasembada berkelanjutan.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Suwandi menjelaskan bahwa saat ini harga jagung cukup menjanjikan, dapat dilihat saat panen raya harganya dikatakan masih tetap stabil.

“Untuk terus meningkatkan produksi jagung, ke depan harus selalu ada inovasi dalam pengembangan budidayanya,” jelas Suwandi.

Ia juga melanjutkan bahwa hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan varietas unggul, dimana sekarang petani sudah lebih bijak.

“Kemudian penggunaan pupuk, ini tolong dikurangi dan ganti dengan teknologi, mesti dilakukan antisipasi hama dan kegiatan panen sangat dibutuhkan alat pengering khususnya saat musim hujan,” lanjut Suwandi

Ditjen Tanaman Pangan Kementan, Arnen Sri Gemala dalam hal ini menjelaskan bahwa saat ini jagung bisa disebut sebagai komoditi seksi yang banyak dicari orang karena punya 41 jenis olahan hilirisasi.

“Karena selain dapat dimanfaatkan bijinya, jagung juga bisa jadi penghasil bee pollen, sumber energi, kompos, pakan ternak, pembiakan mikoriza dan bahan dasar pembuatan kertas,” ujar Arnen.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved