Tim Pengabdian Dies Natalis Unhas Ke-66 Kab. Maros Adakan Pelatihan Pemanfaatan Alam Sekitar Sekolah

TIM Pengabdian Dies Natalis Unhas ke-66 dan guru SMP-IPA di Kabupaten Maros menyambut kurikulum merdeka belajar, Selasa (23/8/2022).

Editor: Content Writer
DOK TIM PENGABDIAN DIES NATALIS UH
Saat TIM Pengabdian Dies Natalis Unhas ke-66 dan guru SMP-IPA di Kabupaten Maros mengadakan pelatihan pemanfaatan alam sekitar sekolah sebagai media ajar IPA bagi siswa siswi SMP di Kabupaten Maros, Selasa (23/8/2022). 

TIM Pengabdian Dies Natalis Unhas ke-66 dan guru SMP-IPA di Kabupaten Maros menyambut kurikulum merdeka belajar, dengan mengadakan pelatihan pemanfaatan alam sekitar sekolah sebagai media ajar IPA bagi siswa siswi SMP di Kabupaten Maros, Selasa (23/8/2022).

Inovasi dibuat dengan mengikutsertakan guru-guru IPA di beberapa SMP di kabupaten Maros dan Dharma Wanita Dinas Pendidikan Maros.

Ada 6 dosen fasilitator tim pengabdian dan 5 orang mahasiswa asal Universitas Hasanuddin dari berbagai program studi terkait.

Dengan materi pembelajaran IPA yang hadir memberikan materi pelatihan.

Dr. Hj. Irma Andriani S.Pi., M.Si., Ketua Tim Pengabdian meminta guru untuk selalu semangat berkreasi dan berinovasi untuk melangsungkan proses pembelajaran di sekolah.

Sebagai contoh, flora fauna dan fenomena alam yang ada di sekolah dapat dijadikan media ajar sebagai implementasi darikurikulum merdeka belajar di sekolah.

“Misalnya, ikan Medaka Sulawesi (Oryzias celebensis) dan Medaka Jawa (Oryzias javanicus) yang distribusinya di Sungai Maros dengan segala keunikannya yang bisa dijadikan alat belajar biologi," kata Irma.

Irma Andriani melanjutkan bahwa dapat digambarkan proses embriogenesis dengan sangat jelas, seperti telur ikan Madaka Sulawesi dan Madaka Jawa, yang transparan.

Sejak tahun 2014, Dr. Irma andriani telah menekuni penelitian terhadap ikan medaka Sulawesi dan jenis-jenis ikan medaka lainnya dan telah berupaya mengadakan proses domestikasi.

Saat ini Oryzias celebensis bisa dibudidayakan diprakarsai oleh Pusat Studi medaka Unhas sejak tahun 2014. 

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved