Toraja Barat

DOB Toraja Barat Segera Terbentuk, Deklarasi Akan Digelar di Kantor Kecamatan Saluputti

Welem Sambolangi' selaku ketua harian panitia DOB mengatakan, rapat akbar dan deklarasi akan digelar di Halaman Kantor Kecamatan Saluputti

Penulis: Ricdwan Abbas | Editor: Muh. Irham
Tribun Toraja Utara/Ricdwan Abbas
Ketua Harian DOB Toraja Barat, Welem Sambolangi' mengatakan, rapat akbar dan deklarasi pemekaran Toraja Barat dilaksanakan pada Jumat (9/9/2022) di halaman kantor Kecamatan Saluputti. 

MAKALE, TRIBUN-TIMUR.COM - Pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) Kabupaten Toraja Barat akan segera dikumandangkan.

Welem Sambolangi' selaku ketua harian panitia DOB mengatakan, rapat akbar dan deklarasi akan digelar di Halaman Kantor Kecamatan Saluputti pada Jumat, (9/9/2022).

"Rapat akbar ini langkah awal membangun kesepahaman dan komitmen dalam rangka memulai kelengkapan data dan administrasi," kata Welem saat ditemui di ruang kerjanya di Makale, Kamis siang.

Welem yang juga Ketua DPRD Tana Toraja mengatakan, pemekaran Toraja Barat merupakan upaya mendekatkan pelayanan masyarakat.

Sebab, Toraja Barat kata dia, terdapat beberapa desa yang jauh dari pusat kota Kabupaten Tana Toraja.

Diketahui, DOB Toraja Barat merupakan pemekaran dari wilayah Kabupaten Tana Toraja.

Saat ini sebelas kecamatan menyatakan dukungan dan siap bergabung dengan Toraja Barat.

Yakni, Kecamatan Bonggakaradeng, Rano, Simbuang, Mappak, Rembon, Saluputti, Malimbong Balepe', Bittuang, Masanda, Rantetayo, dan Kurra. 

Rencana ini mendapat dukungan dari berbagai petinggi Toraja dan berbagai lapisan masyarakat.

"Toraja Barat ingin mekar bukan untuk memisahkan diri secara fisik dari Kabupaten Tana Toraja tetapi untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

"Ini juga untuk mengembangkan potensi yang selama ini belum dikelola secara maksimal di Toraja Barat," Welem menambahkan.

Ia berharap dukungan Bupati Tana Toraja, DPRD dan seluruh pemangku kepentingan.

"Harapan kami semoga seluruh komponen masyarakat, Diaspora Toraja, Diaspora Toraja Barat mari kita saling bergandengan tangan dan saling membangun komitmen saling mendukung," ujarnya.

"Sehingga apa yang menjadi harapan dan impian masyarakat selama kurang lebih 19 Tahun lalu boleh terwujud," kata Welem.(*)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved