Universitas Negeri Makassar

Pengabdian Masyarakat di Pulau Lae-lae Dosen Sosiologi UNM Kampanye Gerakan Literasi di Sekolah

PkM Sosiologi UNM mengangkat tema "‘Integrasi Gerakan Literasi Nasional dalam Pembelajaran di Sekolah SMP Negeri 41 Satu Atap Pulau Lae-lae

Editor: Alfian
ist
PkM yang digagas Sosiologi UNM tentang Integrasi Gerakan Literasi Nasional dalam Pembelajaran berlangsung Sekolah SMP Negeri 41 Satu Atap Pulau Lae-lae Kota Makassar, Rabu (7/9/2022). 

 
TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Tim dosen dari Program Studi (Prodi) Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) Universitas Negeri Makassar (UNM) sosialisasi pentingnya gerakan literasi di sekolah bertempat di Pulau Lae-lae, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (7/9/2022).

Sosialisasi dan kampanye gerakan literasi ini merupakan bagian dari implementasi Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Sosiologi UNM.

PkM yang digagas Sosiologi UNM kali ini mengangkat tema "‘Integrasi Gerakan Literasi Nasional dalam Pembelajaran di Sekolah SMP Negeri 41 Satu Atap Pulau Lae-lae Kota Makassar."

Ketua Prodi Sosiologi UNM, Dr Idham Irwansyah, menerangkan kedatangan tim PkM mencoba mengingatkan kembali pentingnya aktivitas literasi bagi masyarakat.

Menurutnya, berdasarkan data indeks literasi, Indonesia tergolong rendah, seperti indeks membaca Indonesia berada pada angka perbandingan 1000 : 1.

Data ini berarti dalam 1000 masyarakat hanya terdapat 1 orang yang memiliki aktivitas membaca yang baik.

Dengan demikian faktanya bahwa masyarakat Indonesia memang sangat rentan terpapar informasi palsu lantaran rendahnya minat baca atau aktifitas literasi dalam keseharian.

"Oleh karena itu, perlu upaya serius dan berkelanjutan untuk memperbaiki kondisi tersebut," ucap Dr Idham Irwansyah.

Lebih lanjut ia menyebut bahwa adanya Program Gerakan Literasi Nasional dan Gerakan Literasi Sekolah memudahkan untuk mengkomunikasikan problem ini ke masyarakat.

Khususnya pihak terkait termasuk bagi para penyelenggera pendidikan di tingkat sekolah.

Halaman
123
Sumber: Tribun Timur
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved