Eksepsi Terdakwa Eks Kasatpol Makassar Iqbal Asnan Ditolak JPU, Ini Alasan Hakim

Iqbal Asnan beserta ketiga terdakwa lain menghadiri sidang secara daring karena alasan kondisi kesehatan yang kurang baik.

Penulis: Muh. Sauki Maulana | Editor: Saldy Irawan
DOK PRIBADI
Sidang lanjutan terdakwa pembunuhan berencana Iqbal Asnan, Asri, Chaerul Akmal, serta Sulaiman di Pengadilan Negeri Makassar, Rabu (7/9/2022).   

TRIBUN.TIMUR.COM, MAKASSAR - Pengadilan Negeri Makassar menggelar sidang lanjutan kasus pembunuhan berencana terhadap pegawai Dishub Makassar, Najamuddin Sewang, Rabu (7/9/2022).

Eks Kasatpol PP, Iqbal Asnan beserta ketiga terdakwa lain yakni Asri, Sulaiman, dan Chaerul Akmal menghadiri sidang secara daring karena alasan kondisi kesehatan yang kurang baik.

Iqbal Asnan dan Asri mengikuti sidang secara virtual di Rutan Kelas I Makassar. Sedangkan Sulaiman bersama Chaerul Akmal hadir secara virtual dari Makosat Brimob.

Sidang yang dipimpin Johnicol Richard Frans Sine, beragendakan pembacaan tanggapan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadap eksepsi yang diajukan terdakwa Iqbal Asnan dan Asri pada sidang pekan lalu.

JPU Hamka Dahlan, dalam sidang menolak eksepsi yang diajukan kuasa hukum Iqbal dan Asri.

Dahlan mengatakan, eksepsi yang diajukan dua terdakwa sudah masuk dalam materi pokok perkara pasal 156 kuhap.

Menurutnya, dakwaan berdasarkan ketentuan perundang undangan dan telah memenuhi ketentuan pasal 3 kuhap.

"Dengan demikian sudah seyogyanya hakim yang memeriksa dan memutus keberatan eksepsi penasehat hukum terdakwa menyampaikan menolak alasan maupun menolak eksepsi dari kuasa hukum terdakwa menyampaikan alasan maupun permohonan eksepsi dari terdakwa," jelasnya.

Lanjut, Dahlan meminta kepada majelis hakim untuk menolak eksepsi dari terdakwa Iqbal dan Asnan.

"Memohon kepada yang terhormat majelis hakim Pengadilan Negeri Makassar yang memeriksa dan mengadili perkara ini untuk menolak keberatan eksepsi penasehat hukum," jelasnya.

Dahlan juga mengatakan, dakwaan yang diberikan tim JPU telah memenuhi syarat pokok perkara. 

Sehingga ia meminta majelis hakim bisa melanjutkan memeriksa dan mengadili dua terdakwa Iqbal dan Asri.

"Kami menyatakan dakwaan JPU telah memenuhi ketentuan yang sah demi hukum, tiga menyatakan melanjutkan memeriksa dan mengadili terdakwa," ujarnya.

Setelah membacakan tanggapan JPU atas eksepsi kuasa hukum Iqbal dan Asri, agenda sidang dilanjutkan dengan membacakan eksepsi dari kuasa hukum Charul Akmal.(*)

 

Laporan Jurnalis Tribun Timur Muh Sauki Maulana

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved