ODGJ

Tak Ada Tempat Panti Rehabilitasi, ODGJ Pinrang Dititip di Kantor Dinas Sosial

Diakui Siddiq, salah satu kendala yang dihadapi adalah belum adanya fasilitas panti rehabilitasi untuk penderita ODGJ yang terjaring.

Penulis: Nining Angraeni | Editor: Muh. Irham
DOK PRIBADI
Dinas Sosial Kabupaten Pinrang dibantu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan penertiban terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kabupaten Pinrang, Selasa (6/9/2022). 

PINRANG, TRIBUN-TIMUR.COM - Dinas Sosial Kabupaten Pinrang dibantu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan penertiban terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan evakuasi lansia terlantar di Kabupaten Pinrang.

Kepala Bidang rehabilitasi Sosial H Muh Assidiq, menuturkan untuk penertiban ODGJ pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Hal ini untuk dilakukan penelurusan keluarga dan sanak saudara dari ODGJ tersebut.

“Kami lakukan koordinasi dengan pihak Dukcapil untuk penelusuran keluarga dari penderita ODGJ ini," ungkapnya.

Diakui Siddiq, salah satu kendala yang dihadapi adalah belum adanya fasilitas panti rehabilitasi untuk penderita ODGJ yang terjaring.

Sehingga untuk sementara ditampung di Kantor Dinas Sosial Pinrang.

“Setelah dilakukan penelusuran keluarga hasilnya nihil. Untuk sementara penderita ODGJ ini kami tampung di kantor Dinas Sosial Pinrang,"ujarnya.

Sebelumnya, Dinas Sosial bekerjasama dengan Balai Gau Mabaji Gowa melakukan penjemputan orang lanjut usia (Lansia) terlantar di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lasinrang Pinrang.

Kepala Dinas Sosial Pinrang M Rusli mengatakan lansia ini baru saja operasi pengangkatan tumor di RSUD Lasinrang dan sudah diperbolehkan untuk melakukan rawat jalan.

Balai Gau Mabaji Gowa, lanjut Rusli, langsung melakukan penjemputan untuk kemudian dirawat.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved