Destinasi Wisata

Sa'pak Bayo-bayo Sangalla, Destinasi Wisata Religius Toraja yang Memanjakan Mata Pengunjung

Sa'pak Bayo-bayo Sanggalla menyajikan wisata dengan perpaduan nuansa budaya Toraja dan religius, dengan menyajikan patung perjalanan salib

Penulis: Kristiani Tandi Rani | Editor: Muh. Irham
Tribun Toraja/Kristiani Tandi Rani
Patung perjalanan salib di Stasi IV Sa'pak Bayo-bayo Sanggalla. Objek wisata religius ini banyak dikunjungi wisatawan baik dalam negeri maupun dari luar negeri 

TORAJA, TRIBUN-TIMUR.COM- Sa'pak Bayo-bayo Sanggalla dikenal sebagai wisata alam religi. 

Sa'pak Bayo-bayo Sanggalla menyajikan wisata dengan perpaduan nuansa budaya Toraja dan religius, dengan menyajikan patung perjalanan salib diantara keindahan bebatuan alam Toraja. 

Destinasi wisata ini tidak hanya dibuat untuk umat Kristen tapi juga wisata spritual bagi non-kristen. 

Adanya makam menjadi tanda kekhasan budaya Toraja yang dimana masyarakat sebagian masih menguburkan mayatnya di gua-gua batu. 

Batuan kapur atau kars yang sangat spektakuler terbentuk jutaan tahun lalu, konon batu kapur ini terbentuk di bawah permukaan laut yang ketika di atas daratan membentuk banyak tambahan ornamen yaitu batu susu atau kalaktif sebagai akibat dari air yang meluncur dibatuan kapur lalu menetes hal itulah yang mengukir batuan di lokasi ini. 

Wisata Sa'pak Bayo-bayo Sanggalla ini menyediakan ikon perjalanan salib yang terdiri dari 12 stasi, gua, pemakanan daerah, aliran sungai alami, dan aula yang menambah nilai eksotis tempat ini.

Di destiansi wisata religius ini, terdapat pula Taman Devosi untuk berdoa. Terdapat pula diorama penyaliba Yesis dan jalur jalan salib.

Lokasi Sa'pak Bayo Bayo yg dikelilingi bukit-bukit batu dan dibelah sebuah sungai kecil yang akan menyejukkan mata siapa saja yang datang.

Sa'pak bayo bayo juga didesain sehingga lebih menarik dengan jembatan merah dan dekorasi lampu yang membuat tempat semakin indah di malam hari.

Hal yang unik lainnya adalah munculnya sebuah sungai/air dari sebuah bukit batu.

Dalam lokasi sa'pak bayo bayo terdapat tempat pemakaman kuno dimana masih tersimpan tulang-tulang dan tengkorak. Selain itu terdapat gua kalumpini yang menyuguhkan pemandang luar biasa didalamnya.(*)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved