HUT Toraja ke 775 Tahun

HUT Toraja Ke-775, PMTI Harap Magical Toraja Jadi Program Berkelanjutan

Ketua PMTI Mayjen TNI Purn Yulius Selvanus Lumbaa mengatakan kegiatan ini memang acara lokal tapi juga dihadiri oleh masyarakat luar.

Penulis: Kristiani Tandi Rani | Editor: Saldy Irawan
TRIBUN-TIMUR.COM/KRISTIANI TANDI RANI
Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Purnawirawan (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa. Rabu, (31/8/2022)   

TRIBUN-TIMUR.COM, TORAJA - Toraja memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-775 dan HUT ke-65 tahun Kabupaten Tana Toraja, Rabu (31/8/2022).

HUT ini berlangsung di Bandara Pongtiku Kecamatan Rembon. 

Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Purnawirawan (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa hadir di acara tersebut. 

Ketua PMTI Yulius Selvanus Lumbaa dalam keteragan pers-nya mengatakan kegiatan ini diakui sebagai pesta budaya dengan konsep lokal tapi juga dihadiri oleh masyarakat luar. 

"Kegiatan ini memang kegiatan lokal tapi lebih banyak yang datang dari luar Toraja, contohnya peserta-peserta lomba kemarin dari Palopo, Mamasa, Kendari, Makassar, Bali," katanya saat konferensi pers. 

Meskipun Toraja sudah menjadi dua kabupaten namun ketua PMTI ini berharap silaturahmi antar masyarakat Toraja ini tetap terjalin. 

"Kan kalau Tana Toraja sudah punya jari jadi sendiri, Toraja Utara sudah punya hari jadi sendiri. Selama kau mengatakan kau Toraja mari kita merayakan hari jadi Toraja sama-sama," tuturnya. 

Saat ditanya mengenai peranan PMTI dalam memajukan kebudayaan di Toraja, Ia mengatakan perlu pendapat dari berbagai pihak. 

"Saya akan diskusikan kembali kepada pengurus dan pembina karena saya tidak mungkin berdiri sendiri," ucap ketua PMTI ini. 

Namun, setelah kegiatan Magical Toraja diadakan terlihat masyarakat sangat ansusias untuk menjadikan ivent ini sebagai agenda lanjutan. 

"Harapan masyarakat Toraja untuk PMTI memfasilitasi kita untuk mengadakan gerakan di tingkat nasional melalui kegiatan Magical Toraja," ujarnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved