UNM Adakan PPL Untuk Mahasiswa PPG Jabatan Kategori I Tahun 2022 Guna Ciptakan Guru Profesional

UNM mengadakan Program Pengalaman Lapangan (PPL) selama 29 hari untuk mahasiswa PPG Jabatan Kategori I tahun 2022 mulai 26 Agustus hingga 29 September

Editor: Content Writer
DOK UNM
Rektor UNM, Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng menyampaikkan bahwa PPL bertujuan meningkatkan pengalaman faktual mahasiswa mengenai proses pembelajaran inovatif dan kegiatan administrasi sekolah lainnya. 

UNIVERSITAS Negeri Makassar ( UNM ) mengadakan Program Pengalaman Lapangan (PPL) selama 29 hari untuk mahasiswa PPG Jabatan Kategori I tahun 2022 mulai 26 Agustus hingga 29 September 2022.

Rektor UNM, Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng menyampaikkan bahwa PPL bertujuan meningkatkan  pengalaman faktual mahasiswa mengenai proses pembelajaran inovatif dan kegiatan administrasi sekolah lainnya.

Prof Husain melanjutkan bahwa melalui program ini akan didapatkan pengalaman menjadi guru yang professional.

Juga memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan dalam menjalankan profesi di era yang berbasis literasi dan numerasi.

Tidak hanya itu, program ini juga dapat mempraktikkan rencana aksi yang berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) sebagai tuntutan guru profesional.

Sebanyak 2.347 mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori 1 akan mengikuti program PPL dan merupakan mahasiswa Kemdikbudristek dan mahasiswa Kementerian Agama.

Dimana jika dirincikan, mahasiswa PPG Dalam jabatan Kemdikbudristek berjumlah 2.145 orang.

Sementara, mahasiswa yang berasal dari Kementerian Agama berjumlah 202 orang.

Prof Husain Syam juga membeberkan bahwa kegiatan ini telah memiliki landasan hukum yang jelas.

Landasan hukum yang dimaksud berupa Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Juga Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, diubah dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Serta Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 yang telah diubah dengan Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2017 tentang Guru.(adv/rerifaabdurahman).

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved