Opini Alfitra Mappunna

Opini Alfitra Mappunna: Khazanah Kemerdekaan Dalam Perwajahan Indonesia 2022

Catatan rekam jejak sejarah bangsa Indonesia merdeka telah menghendaki kedamaian yang mewariskan semangat kebangsaan dari generasi pendahulu.

TRIBUN TIMUR
Logo Tribun Timur - Opini Alfitra Mappunna: Khazanah Kemerdekaan Dalam Perwajahan Indonesia 2022 

Oleh: Alfitra Mappunna

Koordinator Wilayah Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia Klaster Mahasiswa Bina Wilayah Sulawesi (Korwil MITI KM Binwil Sulawesi)/Alumnus Fakultas Hukum UMI

TRIBUN-TIMUR.COM - Catatan rekam jejak sejarah bangsa Indonesia merdeka telah menghendaki kedamaian yang mewariskan semangat kebangsaan dari generasi pendahulu kepada generasi selanjutnya.

Peran masyarakat yang digaungkan dengan bangunan rasa cinta tanah air meniscayakan potret masa depan bangsa dan negara yang diguyur oleh kebaikan surgawi dalam menyongsong masyarakat adil dan makmur.

Kemerdekaan 1945 hanya mengantarkan bangsa Indonesia keluar dari pusaran penjajah, namun peran terpenting selanjutnya adalah proses mengisi kemerdekaan menuju kemajuan dalam merealisasikan tujuan negara pada kehidupan nyata berbangsa dan bernegara.

Secercah teks adagium dari Filsuf Cicero yakni, “Historia magistra vitae est” yang diterjemahkan bahwa sejarah adalah guru kehidupan. oleh sebab itu, bangunan kesadaran berbangsa dan bernegara hendaklah dimaknai oleh perjalanan semangat kemerdekaan dimasa lampau.

Baca juga: Opini Soma Salim S: Merdeka Belajar Setelah 77 Tahun Merdeka

Baca juga: Opini Anwar Arifin AndiPate: TVRI 60 Tahun

Tahun 2022 dan 77 tahun Indonesia telah merdeka, kita telah menemukan banyaknya pekerjaan rumah yang belum terselesaikan, namun disisi lain juga tidak sedikit prestasi yang telah dicapai.

Waktu adalah hal yang tak dapat dibeli dan dikembalikan.

Sering kali kita mendengarkan, bahwa masa lalu memberi kesadaran dan masa depan memberi perubahan.

Penghayatan terhadap makna kemerdekaan adalah pembelajaran penting bagi anak bangsa yang menginginkan kemajuan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved