Breaking News:

Siaga Merah Putih

Kisah PKD Mapala Tingkat Perguruan Tinggi se-Sulsel, Siaga Merah Putih di Gunung Bawakaraeng

Pusat Koordinasi Daerah (PKD) Mapala Tingkat Perguruan Tinggi se- Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan kegiatan Siaga Merah Putih.

Penulis: Desi T Aswan | Editor: Sukmawati Ibrahim
Dokumen Pribadi
Tim Pusat Koordinasi Daerah (PKD) Mapala Tingkat Perguruan Tinggi Se- Sulawesi Selatan melakukan kegiatan Siaga Merah Putih dan Sosialisasi Sampah Plastik Bawakaraeng pada 14-18 agustus 2022 di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. 

TRIBUN-TIMUR.COM- Pusat Koordinasi Daerah (PKD) Mapala Tingkat Perguruan Tinggi se- Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan kegiatan Siaga Merah Putih dan Sosialisasi Sampah Plastik.

Berlangsung pada 14-18 Agustus 2022 di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa Sulsel.

Kepada Tribun Timur, Rabu (24/8/2022) Koordinator PKD Fatur Razak Zakaria mengungkapkan, kegiatan ini langkah awal untuk mencegah para pendaki yang tidak safety serta kurang mengetahui masalah pendakian di gunung.

"Gunung Bawakaraeng selalu ramai dan di padati oleh para pendaki yang ingin melakukan upacara pengibaran benderah merah putih di puncknya,untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan serta banyaknya sampah di gunung Koordinator PKD berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan tersebut agar para pendaki yang tidak safety di larang naik gunung serta meminimalisir sampah," tuturnya. 

Beberapa kegiatan dilaksanakan, salah satunya pembagian empat posko.

Pertama, posko induk yang berlokasi di Lembanna dikoordinatori langsung Ketua PKD Mapala Universitas Islam Makassar (UIM). Pos 5 yang dikoordinatori Dekstro dari Makespala. 

Lalu, pos 8 dikoordinatori Shelter dari Mapala Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Tamalatea dan pos 10 oleh  Carmantel dari Mapala STIE AMKOP, Makassar.

Setiap posko memiliki tugas dan fungsi masing-masing. Yaitu Siaga Merah Putih dan sosialisasi sampah plastik di Gunung Bawakaraeng serta melakukan aksi bersih di setiap pos. 

Di pos 5 dan pos 8 Tim Siaga Merah Putih melakukan pertolongan pertama terhadap beberapa pendaki yang mengalami masalah ataupun hipotermia.

Tak hanya itu, PKD se Sulsel turut ambil bagian dalam melakukan rescue terhadap salah satu pendaki atau survivor yang tersesat atau terpisah dari jalur di gunung Bawakaraeng pada 18-19 agustus 2022. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved