Tribun Kampus

25 Mahasiswa Uni Prima Wajo Magang di Polbangtan Gowa

Teaching Factory (TEFA) sendiri merupakan suatu inkubator bisnis bagi sebuah kampus vokasi dalam menumbuhkan pengusaha milenial

ist
Sebanyak 25 mahasiswa Universitas Puangrimaggalatung (Uni Prima) Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, melaksanakan program magang di Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa. Mahasiswa tersebut diterima oleh Direktur Polbangtan Gowa, Syaifuddin, Senin (22/08/2022).  

TRIBUNGOWA.COM, GOWA - Sebanyak 25 mahasiswa Universitas Puangrimaggalatung (Uni Prima) Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, melaksanakan program magang di Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa.

Mahasiswa tersebut diterima oleh Direktur Polbangtan Gowa, Syaifuddin, Senin (22/08/2022). 
 
Pelaksanaan magang ini merupakan tindak lanjut dari MoU antara Uni Prima dengan Polbangtan Gowa yang telah ditandatangani pada 24 Januari 2022 lalu.
 
Dalam MoU tersebut kedua pihak sepakat melaksanakan kerjasama program tridharma perguruan tinggi untuk bersama membangun sumber daya manusia bidang pertanian yang salah satu kegiatannya adalah adanya pelaksanaan magang.
 
Memiliki dua lokasi berbeda yaitu di Gowa dan Bone, Polbangtan Gowa memiliki lahan yang cukup luas lebih dari 100 hektar, dengan berbagai fasilitas pendukung untuk pelaksanaan magang berupa lahan produksi, green house, kandang, teaching factory, kebun kakao dan lainnya yang telah menerapkan smart farming dan berbasis IoT.
 
Teaching Factory (TEFA) sendiri merupakan suatu inkubator bisnis bagi sebuah kampus vokasi dalam menumbuhkan pengusaha milenial bidang pertanian yang berjiwa entrepreneur, yang nantinya berperan dalam terwujudnya lembaga pendidikan yang mandiri serta menghasilkan produk secara berkelanjutan.
 
Hal ini ini sejalan dengan semangat Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo yang mengamanatkan untuk menjalankan pertanian yang efektif, efisien dan transparan.  “Hal itu bisa dilakukan melalui petani milenial yang modern. Oleh karena itu, peningkatan kualitas SDM harus terus ditingkatkan,” katanya.

Mentan SYL menyebutkan bahwa pendidikan vokasi bukan hanya akan menghasilkan petani-petani milenial sebagai pencipta lapangan pekerjaan (job creator) yang qualified, tapi juga sebagai agropreneur berkualitas.
 
“Pertanian harus menjadi subsektor ekonomi yang maju, mandiri, dan modern. Yang didukung kapasitas sumber daya manusia pertanian yang profesional, mandiri, dan berdaya saing,” tuturnya.
 
Senada dengan itu Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi menyatakan, TEFA merupakan salah satu model pembelajaran pendidikan vokasi di polbangtan yang terintegrasi dalam kurikulum.

Untuk keperluan itu, seluruh polbangtan yang menjadi bagian dari BPPSDMP Kementan terus melakukan pengembangan pembelajaran TEFA demi terciptanya lulusan yang memiliki kompetensi sesuai kebutuhan industri.

Mahasiswa Uni Prima yang magang di Polbangtan Gowa ini merupakan mahasiswa semester 7 prodi Agribisnis dan Agroteknologi yang rencananya dilakukan selama 2 bulan, mulai dari 22 Agustus hingga 22 Oktober 2022.

Saat acara penerimaan, salah satu Tim Supervisor Magang, Darwis, berterima kasih kepada Polbangtan Gowa yang sudah menerima dengan senang hati mahasiswa yang akan magang.
 
“Besar harapan, kiranya mahasiswa dari Universitas Puangrimaggalatung dibimbing dengan baik, dan diberikan pengetahun,” tuturnya.
 
 “Apa yang mereka dapatkan di kampus kami masih ada kekurangan, sehingga tujuan kami untuk mengadakan magang ini adalah untuk menambahkan ilmunya lagi,” ujar Darwis.
 
Direktur Polbangtan Gowa, Syaifuddin, sangat mengapresiasi Universitas Puangrimaggalatung atas kepercayaannya menempatkan mahasiswanya magang di Polbangtan Gowa.
 
“Mahasiswa magang ini nantinya akan kami bantu dengan memberikan ilmu dan teknologi yang ada. Adanya berbagai fasilitas, baik itu lab pengolahan hasil maupun lainnya bisa digunakan untuk kegiatan pembelajaran dan praktik mahasiswa,” ujar Syaifuddin.

Sumber: Tribun Timur
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved