Kearifan Lokal

Serunya Lomba Mabbakaweng di Desa Lotang Salo Pinrang

Diketahui, rata-rata warga di Desa Lotang Salo bekerja sebagai pembuat atap dari daun nipah.

Penulis: Nining Angraeni | Editor: Muh. Irham
Tribun Pinrang/Nining Anggraeni
Warga Desa Lotang Salo, Kabupaten Pinrang mengikuti lomba mabbakaweng atau lomba membuat atap dari daun nipah. Acara ini digelar oleh Karang Taruna Desa Lotang Salo 

PINRANG, TRIBUN-TIMUR.COM - Karang Taruna Desa Lotang Salo, Kabupaten Pinrang, menggelar lomba dengan mengusung kearifan lokal.

Yakni lomba mabbakkaweng atau membuat atap dari daun nipah.

Mabbakkaweng ini merupakan salah satu kearifan lokal yang ada di Desa Lotang Salo.

Diketahui, rata-rata warga di Desa Lotang Salo bekerja sebagai pembuat atap dari daun nipah.

Ketua Karang Taruna Tri Taruna Bhakti Desa Lotang Salo, Lukmanul Hakim mengatakan lomba ini digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI. Bekerjasama dengan Pemdes Lotang Salo.

"Nama kegiatannya itu Lotang Salo Ceria. Ada berbagai lomba yang digelar untuk anak-anak dan juga dewasa. Salah satu lomba lokalnya itu lomba mabbakkaweng," katanya, Selasa (23/8/2022).

Dikatakan, para peserta diberikan waktu 10 menit untuk menyelesaikan atap.

"Peserta harus membuat atap dari daun nipah dengan panjang 180 cm. Untuk lebarnya disesuaikan dengan daun nipah," ucapnya.

Pemdes Lotang Salo, Asrul mengatakan dengan adanya kegiatan seperti ini, ia berharap masyarakat bisa menjalin silaturahmi antar warga.

"Juga dalam rangka momen kemerdekaan ini masyarakat bisa kembali mengenang jasa-jasa pejuang dan orang-orang terdahulu kita," ujarnya.

"Karena baru-baru ini kita lepas dari perjuangan yang luar biasa melawan Covid-19, musuh yang tidak nyata," sambungnya.

Lebih lanjut, Asrul berpesan untuk Karang Taruna dan pengelola perpustakaan desa agar kedepannya lebih inovatif lagi dan mengangkat nilai-nilai kearifan lokal.

"Semoga kedepannya ada lomba-lomba tradisional serta menghidupkan budaya dan adat istiadat yang ada di Desa Lotang Salo," imbuhnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved