Pelatihan Jurnalistik

PMII Komisariat UMI Belajar Jurnalistik dan Konten Kreator di Tribun Timur

PMII Komisariat UMI mendapatkan materi tentang dasar jurnalistik, seperti menulis, teknik wawancara hingga proses publikasi.

Penulis: Desi T Aswan | Editor: Hasriyani Latif
Desi Triana
Kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) sekolah jurnalistik di Kantor Tribun Timur, Jl Cendrawasih, Makassar, Jumat (19/8/2022). Mereka mendapatkan materi tentang dasar jurnalistik, seperti menulis, teknik wawancara hingga proses publikasi. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Universitas Muslim Indonesia belajar jurnalistik di Kantor Tribun Timur, Jl Cendrawasih, Makassar, Jumat (19/8/2022). 

Sebanyak 15 orang mahasiswa berasal dari masing-masing sejumlah komisariat di Makassar seperti Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, dan IAIAN Bone.

Wakil Pimpinan Redaksi Tribun Timur Ronald Ngantung menjadi narasumber dalam pelatihan tersebut. 

Mereka diajarkan tentang materi dasar jurnalistik, seperti menulis, teknik wawancara hingga proses publikasi. 

Bahkan mengenal secara singkat kode etik jurnalistik yang tertuang dalam Undang-undang Pers No 40 Tahun 1999.

Tak hanya itu, Ronald Ngantung juga menjabarkan tentang perkembangan media pemberitaan yang saat ini sudah memasuki era digital. 

"Tak jauh beda hanya saja konsep penyajiannya atau publikasinya yang menyasar segala lini media massa, seperti Instagram, YouTube, ataupun Facebook dan TikTok," jelasnya.

Penanggung jawab kegiatan yang juga menjabat sebagai Ketua Komisariat PMII UMI Mansur Usman mengucapkan terima kasih atas penerimaan pihak Tribun Timur yang telah menerima sejumlah anggota PMII untuk belajar tentang materi jurnalistik.  

"Terima kasih banyak atas kesempatannya," jelasnya.

Ia menyebutkan pelatihan tersebut merupakan langkah awal untuk memperkenalkan PMII dengan dunia jurnalistik.

"Kedepannya setelah sekolah jurnalistik ini terlaksana, kader kader dari PMII tidak lagi buta soal bagaimana menulis yang indah, seperti yang dikatakan Pak Ronald," jelasnya. 

Kegiatan ini disebutkan untuk mencapai misi mewujudkan kader PMII yang berintegritas dan daya saing di bidang jurnalistik.(*)

Sumber: Tribun Timur
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved