Rehabilitasi Mangrove

3 Menteri Ikuti Penanaman Pohon di Marana Maros, Dukung Rehabilitasi Kawasan Mangrove di Indonesia

uhut mengatakan, pemerintah Indonesia memiliki program untuk merehabilitasi lahan mangrove seluas 600.000 hektar bagi dunia internasiona

Penulis: Nurul Hidayah | Editor: Muh. Irham
ist
Tiga menteri menghadiri program Rehabilitasi Kawasan Mangrove seluas 31 Hektar di Maros, Jumat (19/8/2022). Program kegiatan ini turut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Siti Nurbaya Bakar, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Sakti Wahyu Trenggon 

MAROS, TRIBUN-TIMUR.COM - Pelabuhan Indonesia atau Pelindo melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) melaksanakan program Rehabilitasi Kawasan Mangrove seluas 31 Hektar di Maros.

Program kegiatan ini turut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Siti Nurbaya Bakar, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Sakti Wahyu Trenggono, Menteri BUMN yang diwakili oleh Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, serta beberapa pejabat lainnya.

Dalam sambutannya, Luhut mengatakan, pemerintah Indonesia memiliki program untuk merehabilitasi lahan mangrove seluas 600.000 hektar bagi dunia internasional dalam pengurangan emisi karbon.

"Saya bersyukur, dalam dua tahun terakhir sejak ditetapkannya target rehabilitasi mangrove, keterlibatan sudah semakin terlihat dan bertambah jumlahnya," ujarnya, Jumat (19/8/2022).

Luhut Binsar Pandjaitan mengaku mengapresiasi upaya penghijauan dan penanaman mangrove yang telah dilakukan Pemprov Sulsel bersama pihak lainnya di Sulsel, termasuk PT Pelindo.

"Secara khusus Pak Andi ini yang paten, saya kira kerjanya banyak, anda berkarya lah untuk daerah ini.  Ini momen yang bagus 77 tahun kita merdeka kita menujukkan Indonesia sekarang itu bangkit," sebutnya.

Bahkan dia meminta untuk penanaman Mangrove Sulsel ditingkatkan menjadi dua kali lipat. 

“Tadi Pak Gubernur bilang 1,7 juta pohon sudah ditanam. Kalau boleh 4 juta begitu. Itu ditargetkan, orang mau nikah tanam mangrove atau mau aplikasi (mengajukan permohonan) apa. Tapi tempatnya disiapin,” sebut Luhut Binsar Panjaitan.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Suleman mengatakan, penanaman Mangrove dengan tema “Taman Mangrove, Bangun Ekonomi Pesisir” pada program Rehabilitas Kawasan Mangrove seluas 31 Hektar di Maros ini dilaksanakan PT Pelindo melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). 

Untuk hari ini dilakukan di lima titik di Indonesia. 

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved